get app
inews
Aa Read Next : Kunjungi Situ Ciburuy, Ono Surono Bersama Rombongan Preman Pensiun Disambut Antusias Warga

Cibulan, Tempat Wisata Tertua di Kuningan dengan Cerita Legenda Ikan Dewa

Rabu, 30 November 2022 | 09:07 WIB
header img
Obyek Wisata Cibulan. (Foto: Instagram @apiphayrudin)

KUNINGAN, INEWSBANDUNGRAYA.ID - Cibulan adalah sebuah tempat wisata tertua yang berada di Kuningan, Jawa Barat. Saat ini, Cibulan menjadi salah satu destinasi liburan favorit yang telah diresmikan pada 27 Agustus 1939 oleh Bupati Kuningan saat itu, yakni R.A.A. Mohamand Achmad.

Di tempat wisata ini, terdapat dua kolam ikan yang berbentuk persegi panjang yang memiliki ukuran dan kedalaman yang berbeda-beda.

Kolam pertama berukuran 35x15 meter persegi dengan kedalaman sekitar 2 meter. Sedangkan, kolam kedua berukuran 45x15 meter persegi yang dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama berkedalaman 60 sentimeter dan bagian kedua berkedalaman 120 sentimeter.

Dilansir dari berbagai sumber, menurut cerita yang berkembang di kalangan warga Desa Maniskidul dan masyarakat Kuningan pada umumnya, ikan yang ada di kolam Cibulan ini konon dahulunya adalah prajurit-prajurit yang membangkang atau tidak setia pada masa pemerintahan Prabu Siliwangi.

Singkat cerita, prajurit-prajurit pembangkang tersebut kemudian dikutuk oleh Prabu Siliwangi sehingga menjadi ikan.

Konon, ikan-ikan dewa ini dari dulu hingga sekarang jumlahnya tidak berkurang maupun bertambah. Terlepas dari benar atau tidaknya legenda itu, sampai saat ini tidak ada yang berani mengambil ikan ini karena ada kepercayaan bahwa barang siapa yang berani mengganggu ikan-ikan tersebut akan mendapatkan kemalangan.

Selain kolam dengan ikan dewa yang jinak, di sudut barat pemandian ini juga terdapat tujuh sumber mata air yang dikeramatkan yang bernama Tujuh Sumur.

Tujuh mata air ini berbentuk kolam-kolam kecil yang masing-masing mempunyai nama tersendiri, yaitu Sumur Kejayaan, Sumur Kemulyaan, Sumur Pengabulan, Sumur Cirancana, Sumur Cisadane, Sumur Kemudahan, dan Sumur Keselamatan.

Di antara ketujuh sumur itu, konon ada salah satu sumur yang berisikan Kepiting Emas, yaitu Sumur Cirancana.

Wisata Kolam Pemandian Cibulan ini terletak di Desa Manis Kidul, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Jarak antara Cibulan - Kota Kuningan sekitar 7 km sedangkan Jarak Kota  dari Cirebon – Cibulan sekitar 28 km.

Akses menujuju tempat wisata Cibulan menggunakan angkutan umum bisa di tempuh dengan dua jalur yaitu memlalui Kuningan dan Cirebon sebab tempat wisata ini berada di jalan Kuningan-Cirebon.

Jalur yang pertama melalui Terminal Kuningan bisa menggunakan angkutan kota jurusan Terminal Cirendang – Cimulus, lalu berhenti di jalan menuju lokasi Cibulan. Jalur yang kedua bisa melalui Cirebon dengan angkutan umum menuju lokasi.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut