get app
inews
Aa Read Next : Liburan di Bandung? Ini Dia Rekomendasi 4 Oleh-Oleh Khas yang Cocok Dibawa Pulang

6 Oleh-oleh Khas Kuningan yang Wajib Dibeli, Jangan Sampai Kelewatan!

Senin, 05 Desember 2022 | 10:00 WIB
header img
Jeniper, salah satu oleh-oleh khas Kuningan. (Foto: Facebook @ridwankamil)

KUNINGAN, INEWSBANDUNGRAYA.ID - Setiap daerah di Indonesia memiliki oleh-oleh khas yang cocok dijadikan sebagai buah tangan untuk orang-orang spesial.

Tak terkecuali dengan Kuningan. Salah satu daerah di Jawa Barat ini memiliki beragam oleh-oleh khas yang unik dengan harga yang ramah di kantong.

Mulai dari oleh-oleh berupa camilan seperti keripik, lalu ada sirup, kopi, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Nah, utuk lebih memudahkan dalam memilih oleh-oleh khas Kuningan, kami telah menyiapkan beberapa pilihan buah tangan yang bisa Anda bawa pulang.

Berikut ini 6 rekomendasi oleh-oleh khas Kuningan yang wajib dibeli, dirangkum dari berbagai sumber:

1. Opak Bakar

Berkunjung ke Kuningan akan terasa kurang lengkap tanpa membeli opak bakar sebagai oleh-oleh utamanya. Sedikit berbeda dengan camilan ringan pada umumnya, sebab opak satu ini terbuat dari beras ketan serta kelapa yang kemudian diolah dengan cara dipanggang.

Sejak gigitan pertama, suara renyah khas dari potongan opak berukuran kecil seakan memenuhi indra pendengaran Anda. Karena itu, camilan satu ini cocok dijadikan teman ngopi terbaik.

Tidak sulit untuk menemukan jajanan ringan satu ini, karena berbagai toko oleh-oleh sudah banyak yang menawarkan camilan satu ini. Tersedia dalam beberapa ukuran yang bisa dipilih sesuai keinginan, namun rasanya akan kurang puas jika Anda hanya membeli opak bakar ukuran kecil.

2. Keripik Gemblong

Bagi Anda yang senang dengan jajanan ringan yang cenderung renyah, maka membeli Keripik Gemblong adalah pilihan tepat. Keripik lezat satu ini terbuat dari singkong yang dipotong dengan ukuran kecil dan tipis.

Sedikit berbeda dengan keripik singkong pada umumnya, karena proses pembuatannya sendiri akan ditambahkan oncom di bagian tengahnya. Penambahan oncom inilah yang membuat cita rasanya unik dan berbeda dibandingkan keripik lainnya.

Tidak sulit untuk menemukan Keripik Gemblong di pasaran, karena hampir di setiap toko oleh-oleh menjajakan camilan ringan satu ini sebagai penawaran menariknya. Bahkan wisatawan diperbolehkan membeli per kilogram, sehingga bisa disesuaikan dengan keinginan.

3. Jeniper

Jeniper masuk dalam daftar buah tangan terbaik yang bisa dibawa pulang usai bertandang ke Kuningan. Jangan terkecoh dengan namanya yang serupa dengan nama manusia, sebab Jeniper sendiri merupakan akronim dari kata jeruk nipis peras.

Jeniper adalah salah satu jenis minuman khas Kuningan yang wajib Anda beli. Minuman satu ini serupa dengan sirup, namun proses pembuatannya sendiri memanfaatkan jeruk nipis yang kemudian diperas untuk diambil airnya dan ditambahkan dengan sedikit gula.

4. Kopi Luwak Linggarjati

Bagi penggemar kopi, tampaknya harus mencicipi kelezatan yang ditawarkan oleh Kopi Luwak Linggarjati. Sesuai dengan namanya, kopi satu ini terbuat dari biji kopi yang dikonsumsi oleh luwak lalu diproses menggunakan cara tradisional.

Proses pembuatannya yang masih alami, berhasil menjaga aroma kopinya tetap terjaga dengan baik. Soal rasa tidak perlu diragukan lagi, mengingat tingginya minat wisatawan untuk membelinya.

Anda bisa membelinya di toko oleh-oleh khas Kuningan terdekat dengan harga yang tidak akan menguras isi kantong. Selain dikonsumsi untuk diri sendiri, tidak ada salahnya menjadikannya sebagai buah tangan terbaik bagi kerabat terdekat.

5. Sirup Tjampolay

Sirup Tjampolay termasuk sebagai salah satu jenis minuman yang wajib Anda beli ketika berkunjung ke Kuningan. Sirup yang memiliki cita rasa manis nan segar ini dihadirkan dengan variasi rasa buah seperti pisang susu, mangga gedong, melon, jeruk nipis, hingga nanas tersedia di pasaran.

Dari sekian banyak rasa yang ditawarkan, Sirup Tjampolay rasa pisang susu paling banyak diburu di pasaran.

6. Batik Kuningan

Batik Kuningan adalah salah satu oleh-oleh yang wajib dibeli. Batik khas Kuningan ini tampak berbeda dari wilayah lainnya.

Perbedaannya terletak pada motif batiknya yang cenderung cerah meski tidak didominasi oleh variasi warna. Sedangkan tema yang diangkat adalah fauna khas Kuningan berupa kuda Kuningan dan Ikan Dewa.

Meski batik terkenal memiliki harga tinggi, ternyata wisatawan dapat meminang batik khas Kuningan dengan harga yang cukup bersahabat di kantong.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut