get app
inews
Aa Read Next : Mau Kuliah di Itenas Bandung? Cek Jalur Seleksi dan Pendaftaran, Ada Diskon UKT!

Digelar di Itenas, Mahasiswa Internasional Antusias Belajar Seni Kriya Sunda

Senin, 05 Desember 2022 | 16:11 WIB
header img
Mahasiswa asing tengah mendengarkan pemaparan seni kriya Sunda, Boboko. Foto: istimewa

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA.ID - Sesi ke-11 dan 12 dari Building Relationships, Intercultural Dialogue, and Global Engagement (BRIDGE): Exploration of Sundanese Culture 2022 digelar di Institut Teknologi Nasional (Itenas) pada Sabtu (3/12/2022). Mengangkat topik mengenai Kriya (Desain Interior), kegiatan ini berlangsung secara tatap muka di Ruang 14301 kampus Itenas.

Dalam sesi kali ini, Jamaludin dari Itenas hadir sebagai narasumber. 10 buah kerajinan khas Sunda boboko dibawa Jamaludin untuk dijadikan buah tangan bagi mahasiswa yang berpartisipasi.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh mahasiswa internasional dari perguruan tinggi se-Bandung Raya dengan rincian: Institut Teknologi Nasional (2 mahasiswa), Universitas Padjadjaran (22 mahasiswa), Telkom University (9 mahasiswa), Universitas Kristen Maranatha (5 mahasiswa), Universitas Katolik Parahyangan (4 mahasiswa), Universitas Widyatama (4 mahasiswa), Universitas Pendidikan Indonesia (15 mahasiswa), dan Politeknik Negeri Bandung (6 mahasiswa).

Mahasiswa internasional yang berpartisipasi berasal dari Jerman, Rwanda, Jepang, Korea, India, Saudi Arabia, Kazakhstan, Gambia, Filipina, Malagasy, Timor Leste, China Malaysia, Thailand, Afghanistan, Mesir, Uzbekistan, Rusia, Tajikistan, dan Ghana.

Program BRIDGE: Exploration of Sundanese Culture 2022 dilaksanakan berdasarkan Indikator Kerja Utama (IKU) Keputusan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 754/P/2020 sebagai alat ukur kinerja perguruan tinggi yang adaptif dan berbasis luaran lebih konkret, yang juga merupakan alat ukur dari implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Salah satu parameter IKU yang perlu dicapai adalah jumlah mahasiswa asing.

Maka dari itu, Konsorsium Kantor Urusan Internasional Bandung (KUI Bandung) mengadakan kegiatan bersama untuk berbagi sumber daya yang dimiliki oleh masing-masing perguruan tinggi untuk melakukan kegiatan kolaborasi Building Relationships, Intercultural Dialogue, and Global Engagement (BRIDGE). Kegiatan ini ditujukan bagi para mahasiswa asing yang menempuh studi di 10 perguruan tinggi anggota konsorsium KUI Bandung selama delapan minggu untuk melakukan eksplorasi budaya Sunda, sebagai bagian dari diplomasi.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut