get app
inews
Aa Read Next : Ditugaskan Maju Pilkada Jakarta, Politikus Nilai Hanya Ridwan Kamil yang Bisa Imbangi Kekuatan Anies

Ridwan Kamil: Relokasi Rumah Warga Terdampak Gempa Cianjur Dipersiapan

Kamis, 08 Desember 2022 | 12:17 WIB
header img
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat mengunjungi tempat pengungsian warga terdampak gempa cianjur. (Foto:istimewa)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA.ID - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku tengah mempersiapkan lahan untuk relokasi rumah warga terdampak gempa Cianjur.

Menurutnya, lahan yang digunakan relokasi merupakan milik negara. Lahan negara nantinya akan dibangun pemukiman baru untuk warga terdampak gempa.

"Kita sedang merapatkan juga, tanah-tanah negara yang ada di cianjur untuk jadi tempat relokasi warga terdampak gempa," katanya, Kamis (8/12/2022).

Gubernur mengatakan hanya warga di wilayah zona merah atau rawan bencana yang akan di relokasi. Sementara, daerah yang jauh dari rawan bencana yang rumahnya rusak ringan maupun berat akan diperbaiki.

"Terdiri dari tidak pindah rumahnya, rumahnya diperkuat anti gempa, kedua zona merah sehingga harus pindah. jadi tempat relokasi selama dia tidak berada di zona merah," tandasnya.

Terkait anggaran relokasi, Emil sapaan akrabnya mengatakan akan menggunakan APBN. Sementara itu, dana APBD difokuskan bantuan tak terduga bukan untuk rekonstruksi akan tapi lebih kepada logistik di tanggap bencana.

Untuk itu, Emil mengaku saat ini dia  tengah dikoordinasikan dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terkait kapan anggaran bisa diturunkan.

Emil menyebut, ketika Anggaran sudah diturunkan, akan  secepatnya melakukan pembangunan tempat relokasi. Rencana  lokasinya tidak jauh dari rumah yang lama.

"Anggaran dari APBN. BNPB memerintahkan pemerintah daerah mendata, sejumlah data itu yang nanti dipersiapkan untuk rehab atau pergantian bangun baru," tandasnya. (*)

Editor : Abdul Basir

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut