get app
inews
Aa Read Next : 4 Spot Wisata Kuliner Malam di Bandung, Banyak Pilihan Makanan!

Hanya Ada di Sumedang, Inilah 6 Rekomendasi Tempat Kuliner yang Wajib Kamu Datangi

Selasa, 20 Desember 2022 | 17:52 WIB
header img
Tahu Bungkeng. (Foto: Instagram)

SUMEDANG, INEWSBANDUNGRAYA.ID - Saat kamu melintas atau mengunjungi Sumedang, ada beberapa tempat kuliner yang wajib banget untuk kamu datangi.

Selain terkenal dengan tahunya, Sumedang juga memiliki beragam kuliner enak yang sayang banget jika kamu lewatkan begitu saja.

Karena kenapa, tempat kuliner ini hanya ada di Sumedang. Artinya, kamu tidak akan menemukan lagi di daerah lainnya.

Daripada penasaran, berikut ini 6 rekomendasi tempat wisata kuliner di Sumedang yang wajib dikunjungi, dirangkum dari berbagai sumber:

1. Soto Bongko Mang Onni

Kekayaan kuliner di Sumedang bisa Anda cicipi melalui salah satu menu kuliner andalan bernama Soto Bongko. Yang membedakan soto ini dengan lainnya adalah cara menikmatinya. Jika soto lainnya menggunakan nasi sebagai bahan karbohidratnya, maka Soto Bongko menggunakan lontong. Isian yang dihidangkan juga berbeda, isiannya lebih beragam.

Dalam satu porsi menu ini, Anda akan disajikan isian berupa tahu Sumedang, toge rebus dan juga potongan lontong. Setelah itu semua isian tersebut akan disiram dengan menggunakan kuah kari yang masih panas. Agar rasanya makin nikmat, akan ditambahkan dengan bawang merah di atasnya. Dan Anda juga bisa menambahkan kecap agar rasanya makin nikmat.

Biasanya kuliner satu ini akan dinikmati dengan tambahan emping yang renyah dan sambal agar ada sensasi pedasnya. Untuk menemukan Soto Bongko memang bukanlah hal sulit di Sumedang. Tetapi dari sekian banyak warung, Soto Bongko Mang Onni menjadi salah satu yang terkenal di kalangan pecinta kuliner.

2. Tahu Bungkeng

Mengunjungi Sumedang tentunya tidak lengkap jika tidak mencicipi tahu Sumedangnya. Dan bagi Anda yang ingin mencicipi Tahu Sumedang super enak, maka Anda harus mengunjungi Tahu Bungkeng ini. Tahu Bungkeng sendiri menjadi salah satu legenda jika berkaitan dengan Tahu Sumedang. Sebab, tempat kulineran ini sudah ada sejak tahun 1917 lalu.

Dari sinilah cikal bakal tahu Sumedang ini muncul dan akhirnya begitu populer. Sekalipun sudah berusia tua, tetapi cita rasa tahu ini tidak pernah berubah. Tahu Sumedang yang ditawarkan begitu renyah di luar dan lembut di bagian dalamnya. Rasa gurihnya juga akan membuat Anda ketagihan setelah mencicipinya.

Menikmati Tahu Sumedang dari Tahu Bungkeng yang masih hangat tentunya tidak akan bisa dilewatkan. Anda bisa menikmatinya bersama dengan cabe rawit, atau langsung dimakan. Bahkan beberapa juga ada yang menikmatinya dengan ditemani lontong.

3. Kunst House

Perjalanan rasa Anda di Sumedang masih belum berakhir. Anda masih harus mencicipi kuliner lainnya yang tak kalah menggugah selera. Mari lanjutkan perjalanan rasa Anda dengan mengunjungi Kunst House. Kunst House sendiri merupakan nama cafe yang terbilang hits di kota Sumedang. Dinamakan dengan Kunst House karena sesuai dengan tema yang diusung.

Tempat kulineran satu ini menonjolkan sisi kenyamanan dengan menu menu yang menggoyang lidah. Menu utama hingga kopi kopian bisa Anda temukan di cafe satu ini. Pelanggan yang singgah akan langsung dihadirkan dengan suasana ala rumah yang membuat betah. Apalagi sembari menikmati makanan atau minuman yang nikmat.

Di tempat satu ini, Anda bisa menemukan racikan kopi yang berasal dari produk lokal. Menu menu beratnya juga sudah terkenal akan rasa nikmatnya. Tak heran jika tempat satu ini tak pernah sepi pengunjung, terutama para muda mudi yang nongkrong.

4. Ladang View Sumedang

Menikmati sajian kuliner yang istimewa dan berada di tengah tengah kampung indah tentunya akan memberikan kesan tersendiri. Di Sumedang Anda bisa merasakan pengalaman bersantap seperti ini dengan mengunjungi Ladang View Sumedang. Sajian kulinernya yang terkenal enak dan berpadu dengan sejuknya hawa pegunungan akan membuat lupa diri.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa menikmati aktivitas para petani sembari menikmati secangkir kopi nikmat. Untuk menu yang ditawarkan terbilang beragam dan merupakan menu tradisional. Anda bisa menikmati nasi liwet hingga Nganteruran atau nasi timbel yang nikmat. Tenang saja, menikmati kuliner di tempat ini tak akan membuat kantong Anda jebol.

5. Sate Iting

Bukan hanya soto, Indonesia juga memiliki olahan bernama sate yang begitu kondang. Daging yang dimasak dengan cara dibakar ini memang memiliki rasa nikmat dan keunikan di setiap daerah. Begitu juga ketika Anda mengunjungi kota Sumedang, Anda akan menemukan kuliner bernama Sate Inting. Tempat kulineran ini sudah terkenal di kota Sumedang sendiri.

Suasana tempatnya yang nyaman dan bersih menjadikan tempat satu ini cocok untuk makan bersama keluarga. Lokasinya juga mudah untuk Anda akses dengan hadirkan menu sate yang beragam. Menu yang bisa Anda jadikan pilihan antara lain, sate kambing tanpa lemak, sate sapi, sate ati kambing dan lainnya.

Bagi Anda yang tidak ingin menikmati sate, Anda juga bisa memesan menu lain seperti sop iga sapi, gule sapi, tempe mendoan, oseng kangkung, nasi goreng dan lain sebagainya. Dengan banyaknya menu yang ditawarkan, Anda bisa bebas memilih sesuai dengan selera Anda. Lagipula harga yang ditawarkan sesuai dengan rasa yang dihadirkan.

6. Saung Teko

Tempat kulineran di Sumedang yang tak boleh dilewatkan selanjutnya adalah Saung Teko Sumedang. Tempat satu ini merupakan rumah makan Sunda yang banyak direkomendasikan dan menyediakan banyak menu makanan. Anda bisa menemukan menu seperti ikan nila, ikan mujair, masakan ayam, iga sapi hingga babat goreng.

Memang menu makanan yang dihadirkan terbilang biasa saja, tetapi bumbu yang ditawarkan akan membuat siapapun ketagihan. Racikan bumbunya yang khas menjadikan Saung Teko menjadi tempat makan yang selalu banyak pengunjung. Harga yang ditawarkan untuk setiap menunya juga terbilang murah dan tak akan membuat kantong jebol.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut