get app
inews
Aa Read Next : Sayangkan Justin Hubner Tak Dilepas Klub, STY: Timnas Jarang Punya Kesempatan Tiket Olimpiade 

Begini Cara Timnas Indonesia Hentikan Langkah Thailand Melaju ke Semifinal Piala AFF 2022

Senin, 02 Januari 2023 | 09:12 WIB
header img
Timnas Indonesia. (Foto: Instagram @pssi)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA.ID - Piala AFF 2022 telah memasuki pertandingan terakhir dalam fase grup. Pada hari ini, Senin (2/1/2023) akan digelar dua pertandingan pada Grup A Piala AFF 2022.

Pertandingan tersebut antara Timnas Indonesia vs Filipina dan ada Timnas Thailand vs Kamboja.

Hasil dari kedua laga tersebut akan menentukan siapa dua tim dari Grup A yang akan lolos ke semifinal Piala AFF 2022.

Kedua posisi itu pun diperebutkan oleh Thailand yang kini bertengger di peringkat pertama dengan koleksi tujuh poin, lalu ada Timnas Indonesia di urutan kedua, dan Kamboja yang berada di posisi ketiga.

Saat ini, Timnas Thailand memang sedang memimpin Grup A Piala AFF 2022. Secara di atas kertas, Thailand memiliki kans yang amat besar untuk lolos ke semifinal Piala AFF 2022.

Sebab, mereka hanya butuh hasil imbang untuk memastikan diri lolos ke babak empat besar. Namun, ada peluang skuad berjuluk Gajah Perang tersebut justru gagal lolos dari fase grup.

Lantas apa syarat agar Timnas Thailand tidak lolos? Jawabannya adalah Thailand harus kalah dari Kamboja dan pada laga lainnya Timnas Indonesia memetik kemenangan atau hasil imbang saat melawan Filipina.

Jika skenario tersebut terjadi, maka Timnas Indonesia dan kamboja yang akan mewakili Grup A ke semifinal Piala AFF 2022. Andai Thailand kalah dari Kamboja, peluang Timnas Indonesia lolos dengan status juara Grup A pun akan semakin besar.

Sebab meski Thailand memimpin Grup A, perolehan poin mereka sejatinya sama dengan Timnas Indonesia, yakni sama-sama mengoleksi tujuh poin. Thailand berhak berada di atas Timnas Indonesia hanya karena unggul dalam hal selisih gol.

Skuad Gajah Perang tercatat memiliki selisih +9 gol, dari hasil mencetak 10 gol dan baru satu kali kebobolan. Sementara pasukan Shin Tae-yong memiliki selisih +8 gol, dari 10 mencatatkan gol dan dua kali kebobolan.

Jadi, andai Thailand kalah dari Kamboja dan Timnas Indonesia menang atas Filipina, maka posisi klasemen akan berubah. Garuda berada di urutan pertama dengan 10 poin, Kamboja di urutan kedua dengan poin, dan Thailand akan menempati peringkat ketiga dengan 7 poin.

Itulah hitung-hitungan Thailand tidak lolos ke semifinal Piala AFF 2022. Namun, rasa-rasanya sulit melihat Thailand bisa dikalahkan Kamboja meski tim tersebut sedang mengalami peningkatan performa.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut