get app
inews
Aa Read Next : Weekend di Karawang? Jangan Lewatkan Liburan di 3 Tempat Wisata Alam Ini

Curug Cipurut: Air Terjun Tersembunyi di Purwakarta, Cocok Jadi Tempat Liburan Awal Tahun 2023

Selasa, 03 Januari 2023 | 09:14 WIB
header img
Curug Cipurut Purwakarta. (Foto: Instagram @maulanaisme)

PURWAKARTA, INEWSBANDUNGRAYA.ID - Curug Cipurut adalah salah satu tempat wisata alam yang terletak di di Babakan, Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Destinasi wisata alam satu ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk Anda jadikan sebagai tempat liburan di awal tahun 2023 ini.

Curug Cipurut menyuguhkan pesona alam yang sangat indah, ditambah lagi dengan kesegaran air murni yang dihasilkan dari air terjun tersebut.

Untuk menikmati keindahan alam dari Curug Cipurut ini, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya. Karena harga tiket masuk ke Curug Cipurut cukup murah yakni sebesar Rp5.000.

Curug Cipurut merupakan salah satu wisata alam yang populer dikalangan wisatawan. Wisata alam berupa air terjun ini berada ditengah hutan. Karenanya, Anda dijamin akan terpukau setelah melihat kecantikan dari Curug Cipurut ini.

Air terjun satu ini masuk kedalam kawasan Cagar Alam Gunung Burangrang yang menjulang tinggi dan megah. Untuk lokasi curugnya memang cukup tersembunyi dan membutuhkan perjalanan yang cukup lama untuk sampai disana.

Curug Purwakarta ini memiliki luas sekitar 4 hektar dengan jumlah air terjun yang mencapai 7 aliran dalam satu curug. Namun sayangnya, hanya ada 3 curug saja yang baru diketahui, 4 sisanya masih sulit untuk diakses.

Uniknya, Curug Cipurut ini bertipe undakan dengan yang memiliki bebatuan bertumpuk dan berlapis-lapis. Saat air mengalir dari atas membasahi tebing bebatuannya, tampilannya begitu cantik dan artistik. Airnya bersih dan jernih yang membuatnya semakin menggoda dengan kesegaran yang tersaji.

Konon, penamaan Curug Cipurut ini berasal dari pohon buah bernama Purut yang tumbuh disekitar kawasan wisata tersebut. Buah ini berbentuk seperti limus dan mengandung banyak getah yang berbahaya jika terkonsumsi karena merupakan racun mematikan. Oleh karena itu Curug di tengah hutan ini dinamakan Cipurut.

Terdapat beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan saat berkunjung ke tempat wisata satu ini. Apa saja?

Berikut beberapa aktivitas seru dan menarik yang bisa Anda lakukan saat berada di Curug Cipurut, dirangkum dari berbagai sumber:

1. Trekking Yang Menantang

Curug yang mempunyai tinggi mencapai 25 hektar ini tak gampang untuk dikunjungi. Dimana wisatawan harus melewati perjalanan dan trekking yang cukup sulit dan menantang. Setelah sampai diarea parkir, anda masih harus melalui jalan setapak untuk mencapai lokasi curugnya.

Jalan tersebut berupa tanah merah yang akan sangat licin jika turun hujan. Jarak yang akan anda tempuh yaitu sekitar 1 kilometer, dengan melewati hutan Gunung Burangrang dan juga perkebunan teh.

Mengingat akses jalan yang terbilang curam, sebaiknya anda menggunakan alas kaki yang nyaman dan aman. Nikmati perjalanan anda dengan sajian alam yang luar biasa disetiap langkahnya.

2. Hunting Foto

Selain itu, keindahan yang di sajikan oleh Curug Cipurut juga rekomended untuk berburu fotografi. Sudut-sudut Curug Cipurut cocok untuk anda jadikan setting fotogenic. Aktivitas bermandi-mandi juga rekomended untuk anda nikmati ketika berkunjung ke Curug Cipurut.

Jangan sampai terlewatkan untuk mengabadikan foto, agar perjuangan anda selama diperjalanan tidak sia-sia. Namun trekking yang sulit dan perjalanan yang lama akan terbayar dengan panorama keindahan Curug Cipurut etrsebut.

3. Camping Area

Disekitar area air terjun, anda bisa melakukan kegiatan camping bersama teman-teman. Aktivitas satu ini tentunya asik untuk dilakukan dialam terbuka dengan suguhan alam yang menenangkan.

Destinasi wisata Curug Cipurut rekomended untuk merelaksasi pikiran dan jiwa dengan keindahannya. Nikmati keindahan dari Curug Cipurut untuk merefresh rasa jenuh, bosan dan penat akan beban pekerjaan maupun suasana perkotaan.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut