get app
inews
Aa Read Next : Timnas Indonesia Curi Poin dari Arab Saudi dan Australia, Pengamat Evaluasi Serangan Masih Tumpul

Meski Menang 2-1 atas Filipina di Piala AFF 2022, Permainan Timnas Indonesia Dinilai Egois

Selasa, 03 Januari 2023 | 10:42 WIB
header img
Shin Tae-yong dan Ricky Kambuaya. (Foto: Instagram @pssi)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA.ID - Meski mencatatkan kemenangan atas Timnas Filipina di Piala AFF 2022, nyatanya permainan Timnas Indonesia masih saja mendapat kritikan karena dinilai terlalu egois.

Ya, Timnas Indonesia baru saja memenangkan laga pamungkasnya pada penyisihan Grup A Piala AFF 2022 saat bertemu Timnas Filipina pada Senin (2/1/2023) kemarin malam.

Bertandingan di Rizal Memorial Stadium, Manila, Timnas Indonesia berhasil menglahkan sang tuan rumah dengan skor 2-1.

Adapun gol Timnas Indonesia diciptakan lewat Dendy Sulistiawan pada menit 21, dan Marselino Ferdinan pada menit 43. Sedangkan gol hiburan Timnas Filipina disumbangkan oleh Sebastian Rasmussen pada menit ke-83.

Dengan kemenangan ini, Timnas Indonesia pun berhak lolos ke semifinal Piala AFF 2022 dengan status sebagau runner up Grup A.

Namun, hasil ini rupanya tak membuat para penggemar sepakbola Tanah Air puas. Terlebih, dengan permainan para pemain skuad Garuda (julukan Timnas Indonesia).

Hal itu terlihat saat kata "egois" menjadi trending di media sosial Twitter seusai laga Timnas Indonesia vs Filipina.

Terang saja, dalam laga tersebut Timnas Indonesia sebenarnya punya kesempatan besar untuk mengakhiri grup sebagai pemuncak klasemen. Asalkan mereka mampu mencetak gol lebih banyak ketimbang Thailand.

Namun sayangnya, mereka justru lebih banyak membuang peluang. Tercatat, dari 20 percobaan tendangan, hanya tujuh di antaranya yang tepat sasaran dan dua menjadi gol. Selain itu, warganet pun menyoroti banyaknya pemain Indonesia yang egois saat mempunyai peluang di depan gawang.

Dari sekian banyak peluang, setidaknya tiga kesempatan yang paling membuat netizen gemas. Pertama saat Ricky Kambuaya lebih memutuskan terus menggiring bola ketimbang umpan ke Ilija Spasojevic saat tinggal berhadapan dengan satu bek Filipina.

Lalu Saddil Ramdani yang memilih menendang langsung sementara ada dua pemain tanpa pengawalan di sisi lainnya. Terakhir, Dendy Sulistiawan yang memilih menendang langsung di sudut sempit ketimbang back-pass kepada pemain yang lebih lowong.

“Indonesia vs Filipina, seandainya tidak egois, 3 momen ini bisa jadi goal,” tulis akun @Pendos***** di Twitter.

“Baru kali ini nonton timnas males banget, mainnya pada egois,” timpal akun @zulvi******.

Terlepas dari komentar negatif itu, Timnas Indonesia bakal menantang runner up Grup B Piala AFF 2022 di semifinal. Nantinya, semifinal leg pertama bakal berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta pada Jumat, 6 Januari 2023.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut