Logo Network
Network

Dimulai Hari Ini, Berikut Daftar Kombinasi Vaksin Booster Kedua untuk Masyarakat Jabar

Rizal Fadillah
.
Selasa, 24 Januari 2023 | 14:45 WIB
Dimulai Hari Ini, Berikut Daftar Kombinasi Vaksin Booster Kedua untuk Masyarakat Jabar
Vaksinasi Covid-19. (Foto: Ilustrasi/SINDOnews)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA.ID - Masyarakat Jawa Barat yang berusia 18 tahun ke atas sudah bisa melaksanakan vaksinasi Covid-19 booster kedua atau vaksin dosis keempat di puskesmas maupun pos pelayanan vaksinasi Covid-19 mulai hari ini, Selasa (24/1/2023).

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Jawa Barat (Dinkes Jabar), Nina Susana mengatakan, pelaksanaan vaksin booster kedua atau dosis keempat merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran Kementerian Kesehatan Nomor HK.02.02/C/380/2023 tentang Vaksinasi Covid-19 Dosis Booster ke-2 bagi Kelompok Masyarakat Umum. 

"Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 booster kedua dimulai 24 Januari 2023. Vaksin yang digunakan, sesuai surat edaran, adalah vaksin Covid-19 yang telah mendapat Persetujuan Penggunaan Dalam Kondisi Darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan memperhatikan vaksin yang ada," kata Nina. 

Nina menjelaskan, jenis vaksin booster kedua atau keempat akan menyesuaikan dengan jenis vaksin yang diterima masyarakat pada booster pertama atau dosis ketiga. Misalnya, masyarakat yang menerima vaksin Covid-19 Astra Zeneca pada vaksinasi booster pertama dapat menerima vaksin Astra Zeneca, Pfizer, atau Moderna.

Sedangkan masyarakat yang menerima vaksin Covid-19 Sinovac pada vaksinasi booster pertama dapat menerima vaksin Astra Zeneca, Pfizer, Moderna, Sinopharm, Sinovac, Zifivax, Indovac, atau Navac. Masyarakat yang menerima vaksin Covid-19 Pfizer pada vaksinasi booster pertama dapat menerima vaksin Astra Zeneca, Pfizer, atau Moderna.

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini