get app
inews
Aa Read Next : Ridwan Kamil-Suswono Resmi Diusung KIM Plus di Pilkada Jakarta 2024

Profil dan Karier Atalia Praratya yang Digadang-gadang Jadi Wali Kota Bandung 2024

Rabu, 01 Februari 2023 | 13:38 WIB
header img
Atalia Praratya. (Foto: Instagram @ataliapr)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA.ID - Sosok Atalia Praratya belakangan ini tengah ramai jadi perbincangan publik. Hal itu dikarenakan, istri dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil tersebut digadang-gadang akan mencalonkan diri sebagai Wali Kota Bandung pada 2024 mendatang.

Saat ini, Atalia Praraya dikenal sebagai sosok yang terbilang inspiratif. Seringkali, dirinya dijadikan role model bagi para wanita lain. 

Di samping itu, Atalia Praratya pun dikenal publik memiliki wajah cantik dan gaya fashion yang stylish.

Hal itu pun terlihat saat dirinya yang kerap kali mendampingi sang suami dalam bertugas mengurus masyarakat Jawa Barat.

Untuk lebih mengenal lebih dalam, simak profil singkat dan karier Atalia Praratya berikut ini yang telah dirangkum dari berbagai sumber:

1. Serba Bandung

Atalia Praratya merupakan wanita asli dari Kota Bandung yang lahir pada 20 November 1973. Wanita yang kini berusia 49 ini pun menghabiskan masa pendidikannya di Kota Bandung.

Diketahui, dirinya merupakan lulusan dari SMAN 5 Bandung. Kemudian, Atalia melanjutkan pendidikan ke D3 Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran (UNPAD) dan S1 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Parahyangan (UNPAR). 

Tak sampai disitu, Atalia melanjutkan pendidikan S2-nya dan menjadi mahasiswa terbaik di Program Magister Ilmu Komunikasi Universitas Pasundan (UNPAS) dengan IPK 3,67.

Bahkan, Kota Bandung juga menjadi tempat pertemuan antara Atalia dengan Ridan Kamil.

2. Perjalanan Cinta

Pertemuan antara Atalia Praratya dan Ridwan Kamil pertama kali dalam sebuah pameran di Kota Bandung pada tahun 1994.

Keduanya pun sepakat melangsungkan pernikahan 2 tahun kemudian, tepatnya pada 7 Desember 1996.

Dari pernikahan tersebut, mereka dikaruniai dua orang anak yakni Emmeril Kahn Mumtadz dan Camillia Laetitia Azzahra.

Pada 2020 lalu, Atalia dan Ridwan Kamil memutuskan untuk mengadopsi seorang bayi kecil yang ditinggal oleh kedua orang tuanya karena Covid-19. Bocah tersebut diberi nama Arkana Aidan Misbach.

Kehadiran Arkana tentu memberi kebahagiaan kepada keluarga Atalia dan Ridwan Kamil. Ditambah lagi, pasangan ini harus kehilangan putra sulungnya Emmeril Kahn Mumtadz yang meninggal karena tenggelam di Sungai Aare pada 26 Mei 2022 lalu. Kehadiran Arkana seakan menjadi pelipur lara keluarga ini.

Saat ini, Atalia dengan Ridwan Kamil kerap tampil kompak di berbagai kegiatan. Panggilannya 'Si Cinta' bahkan diberikan oleh Ridwan Kamil. Sehingga masyarakat ikut memanggilnya Ibu Cinta.

3. Karier

- Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Barat

Atalia Praratya aktif dalam menggerakan warganya dalam kepedulian lingkungan. Dirinya pun digagas menjadi Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Barat.

Dirinya bahkan sempat meluncurkan gerakan Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Bencana.

- Petinggi PT Urbane Indonesia

Atalia Praratya juga diamanahkan menjadi penanggung jawab Administrasi dan Keuangan PT Urbane Indonesia. Di sana, dirinya aktif menjadi konsultan arsitektur Ridwan Kamil.

Urbane Indonesia sendiri merupakan sebuah firma konsultan arsitektur, urban design dan project visioning yang berbasis di Bandung.

- Ketua Dekranasda Jawa Barat

Atalia Praratya juga aktif mengurusi hasil kerajinan tangan di wilayah Bandung dan sekitarnya dengan dipercaya sebagai Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jawa Barat.

- Dosen Tetap Universitas Widyatama

Dengan bekal gelar S2 ilmu komunikasinya, Atalia Praratya dipercaya sebagai dosen tetap sejak tahun 2020 di Universitas Widyatama, Bandung. Dirinya mengajar mahasiswa jurusan ilmu komunikasi pada prodi Film & Television.

- Ketua Jabar Bergerak 

Atalia Praratya juga dipercaya memimpin organisasi non pemerintahan sejak 18 Februari 2019 bernama Jabar Bergerak.

Organisasi Jabar Bergerak merupakan wadah masyarakat yang mengurusi lima bidang di Jawa Barat, yaitu keagamaan, pendidikan, pariwisata kuliner dan budaya, sosial, serta bidang kesehatan dan lingkungan.

4. Sosial Media

Adapun platform sosial medianya, Atalia Praratya memiliki akun Instagram dengan nama akun @ataliapr, sedangkan akun YouTube dan Tik-Tok yakni @ataliapraratya.official, dan akun Twitter @ata_lia.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut