get app
inews
Aa Read Next : 3 Cara Efektif Menjaga Kulit Tetap Terhidrasi Selama Berpuasa

Niat Puasa Qadha Ramadhan Digabung Puasa Rajab, Bolehkah?

Minggu, 12 Februari 2023 | 18:30 WIB
header img
Ilustrasi puasa. (Foto: net)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA.ID - Banyak umat Muslim yang bertanya-tanya, bolehkah puasa qadha Ramadhan digabung dengan puasa Rajab? Bagaimana hukum dan bacaan niatnya?

Puasa Ramadhan merupakan salah satu rukun islam yang wajib dikerjakan bagi seorang muslim laki-laki dan perempuan. Meski begitu, dalam keadaan tertentu seseorang boleh meninggalkannya.

Namun, bagi orang yang tidak berpuasa di bulan Ramadhan wajib mengqadha' di hari lain diluar bulan Ramadhan. 

Dalam Bahasa Arab kata Qadha’ bisa bermakna hukum dan penunaian. Sementara secara istilah, para ulama mendefinisikan qadha’ sebagai:

فِعْل الْوَاجِبِ بَعْدَ وَقْتِهِ

Mengerjakan kewajiban setelah lewat waktunya Dalil tentang qadha puasa Ramadhan ini berdasarkan firman Allah SWT:

(فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَرِيضًا أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ وَعَلَى الَّذِينَ يُطِيقُونَهُ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِينٍ فَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرٌ لَهُ وَأَنْ تَصُومُوا خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ (١٨٤

Artinya; “Maka Barangsiapa diantara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), Maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi Makan seorang miskin. Barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, Maka Itulah yang lebih baik baginya. dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui” (Qs. Al-Baqarah: 184).

Editor : Rizal Fadillah

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut