get app
inews
Aa Read Next : Cocokologi Angka Keramat ‘4’ oleh Bobotoh pada Nasib Persib Bandung

Kenapa Suporter Persib Bandung Disebut Bobotoh? Ternyata Begini Asal Mulanya

Minggu, 12 Februari 2023 | 19:19 WIB
header img
Bobotoh. (Foto: Antara)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA.ID - Bobotoh merupakan sebutan untuk mereka para suporter atau pendukung tim sepak bola Indonesia yang saat ini berkompetisi di Liga 1 yakni Persib Bandung.

Merujuk pada kamus bahasa Sunda karya R. Satjadibrata (2011), Bobotoh memiliki arti "Orang yang menghidupkan semangat kepada orang yang hendak berkelahi (atau binatang yang hendak diadu), suporter".

Dari penjelasan tersebut, bisa disimpulkan jika Bobotoh awalnya memiliki makna yang luas, lantaran persaingan atau perkelahian untuk menjadi pemenang tak hanya terjadi di dalam sepak bola, melainkan banyak hal lainnya.

Keterkaitan antara Bobotoh dengan sepak bola diyakini berjalan beriringan dengan semakin populernya cabang olahraga tersebut di kalangan penduduk Jawa Barat.

Sepakbola di Jawa Barat tak akan lepas dari klub Persib Bandung yang lahir dan berkembang di kota tersebut. Pada 1933, BIVB (Bandoeng Inlandsche Voetbal Bond) mengikuti sebuah kompetisi Perserikatan, namun secara perlahan mulai menghilang.

Sejak itu juga, istilah Bobotoh sudah banyak dipakai lantaran saat menjalani pertandingan, BIVB (Bandoeng Inlandsche Voetbal Bond) mendapat dukungan langsung dari orang yang datang ke Stadion Tegalega. Prestasi demi prestasi diraih Persib Bandung dan membuat dukungan kepada tim tersebut semakin membesar.

Secara turun temurun, Bobotoh dengan setia memberikan dukungannya kepada Persib Bandung. Mereka tersebar tidak cuma di daerah Bandung dan sekitarnya. Namun juga hingga keluar dari daerah tersebut.

Sedikitnya, terdapat lima kelompok besar Bobotoh yang selama ini terus eksis dan setia dalam mendukung tim Persib Bandung. Setiap kelompoknya memiliki ciri khasnya masing-masing dalam gaya busana hingga nyanyian.

Seperti Viking Persib Club (VPC) yang terinspirasi dari rakyat Viking yang berada di Skandinavia, La Curva Pasundan (LCP), Flowers City Casuals (FCC), The Bomber (Bobotoh Maung Bandung Bersatu), dan TS1 Crew.

Sementara itu, Viking Persib Club merupakan salah satu kelompok suporter paling fanatik Persib Bandung. Mereka seringkali memenuhi sisi timur stadion ketika Persib Bandung menjalani pertandingan di kandang.

Pada laga tandang pun VPC sering hadir di stadion tim lawan demi mendukung tim kesayangannya.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut