get app
inews
Aa Read Next : WExcited Fest 2024 Sukses Digelar, Berikan Semangat Pada Perempuan Kota Bandung

Tips Hindari Kemacetan di Bandung, Biar Tidak Stres Tiap Hari

Rabu, 15 Februari 2023 | 14:44 WIB
header img
Bandung dikepung masalah kemacetan yang kian parah tiap tahunnya. Foto: Sindo

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Kemacetan di Bandung rasanya kian hari makin parah. Bahkan data yang ada menunjukan jumlah kendaraan dengan populasi penduduk di Bandung hampir 1:1.

Penyebab kemacetan di Bandung pun tak berhenti sampai di sana. Penyebab lainnya bisa saja adanya konstruksi jalan, faktor cuaca, kecelakaan lalu lintas, traffic light atau lampu lalu lintas hingga kendaraan atau angkutan umum yang berhenti sembarangan.

Kerugian dari kemacetan bukan hanya dari sisi ekonomi, pengguna jalan dan lingkungan. Dampak lain yang ditimbulkan adalah mempengaruhi kesehatan masyarakat dan meningkatnya stres.

Ada sejumlah tips bagi pengguna jalan untuk mengatasi terjebak kemacetan di Bandung. Berikut 5 tips yang bisa dilakukan:

1. Berangkat Lebih Awal

Pengguna jalan bisa berangkat lebih awal dari biasanya untuk menghindari kemacetan. Cara ini bisa saja terdengar klasik bagi sebagian orang.

Akan tetapi, tips berangkat lebih awal bakal membantu terhindar dari kemacetan padat yang bikin stres.

2. Rencanakan Waktu Perjalanan

Ada baiknya mulai sekarang merencanakan waktu perjalanan. Dengan cara ini bisa diketahui lokasi jalan mana yang berpotensi macet dan coba menghindarinya.

3. Pahami Jadwal Padatnya Lalu Lintas

Pengguna jalan juga harus memahami jadwal padatnya lalu lintas yang sifatnya reguler maupun musiman. Cara ini bisa cukup efektif yang ingin berkendara untuk menghindari padatnya lalu lintas di Bandung.

4. Manfaatkan Teknologi Arus Lalu Lintas Realtime

Cara selanjutnya adalah memanfaatkan teknologi arus lalu lintas terkini secara realtime. Aplikasi yang dapat digunakan di zaman modern ini di antaranya Google Maps, Waze dan lain-lain.

Teknologi ini mampu membaca situasi lalu lintas secara ter-update dan bisa memberikan jalur alternatif agar terbebas dari kemacetan.

5. Gunakan Transportasi Umum

Cara terakhir yang bisa dicoba adalah menggunakan transportasi umum. Langkah ini cukup bijak untuk mengurangi angka kendaraan di jalanan Bandung yang sudah sangat padat.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut