get app
inews
Aa Read Next : Kunjungi Braga Beken, Jangan Lewatkan Tiga Kuliner Kekinian Ini

7 Kuliner Khas Bogor yang Wajib Dicoba, Nomor 6 Minuman Segar dan Menyehatkan

Rabu, 22 Februari 2023 | 15:18 WIB
header img
Es Pala khas Bogor. (Foto: Instagram @bejodoyanmangan)

BOGOR, iNewsBandungRaya.id - Selain Kota Bandung, Bogor menjadi salah satu daerah di Jawa Barat yang banyak dikunjungi wisatawan saat hari libur tiba.

Bogor memiliki beragam tempat wisata yang siap memanjakan para wisatawan. Selain daripada itu, jangan lewatkan juga untuk berburu kuliner disana.

Nah, jika Anda berencana untuk liburan ke Bogor, ada beberapa rekomendasi makanan atau kuliner khas Bogor yang wajib untuk Anda coba.

Apa saja? Berikut ini 7 kuliner khas Bogor yang wajib Anda cicipi, dirangkum dari berbagai sumber:

1. Doclang

Makanan yang umumnya disantap pada saat sarapan ini terdiri atas irisan lontong ukuran besar yang dibungkus daun patat, kentang, tahu, kerupuk, dan telur rebus.

Sebelum disajikan, doclang akan disiram dengan bumbu kacang yang diolah dengan aneka macam rempah. Sebagai pelengkap, doclang biasanya ditambahkan kecap dan sambal bagi mereka yang suka pedas.

2. Pepes Sagu

Jika biasanya pepes diolah menggunakan daging ikan, ayam, atau tahu, Bogor memiliki jenis pepes yang unik yaitu, pepes sagu. Kudapan ini memiliki rasa dan aroma yang khas karena terbuat dari sagu dan pisang.

Dari segi tekstur, pepes sagu memiliki tekstur yang lembut dan legit, sehingga dapat dinikmati semua kalangan, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa.

3. Laksa

Laksa merupakan makanan khas Bogor dengan mie sebagai bahan utamanya lalu disiram kuah kuning santan yang nikmat.

Cita rasa pedas gurih, dan segar menjadi satu dalam sebuah hidangan nikmat ini. Laksa Bogor disajikan dengan tauge rebus, ketupat, oncom, daun kemangi, suwiran ayam dan potongan telur sebagai toppingnya.

4. Es Bir Kotjok Bogor

Memiliki unsur nama “bir” tetapi minuman khas Bogor ini tidak mengandung alkohol sama sekali. Terbuat dari berbagai macam rempah seperti jahe, kayu secang, kapulaga, cengkeh dan kayu manis membuat Es Bir Kotjok Bogor ini menyehatkan.

Disajikan dengan es batu lalu dimasukkan pada tempat dan dikocok sebentar, tuang pada gelas, dan siap dinikmati. Nikmat, hangat, dan pastinya tidak boleh terlewatkan untuk Anda coba.

5. Bapatong

Bapatong adalah sebuah singkatan dari Bakso Kupat Gentong. Bapatong Bogor sering dicari para pelancong yang mencari kuliner khas Bogor. Perpaduan nikmatnya daging bakso yang kenyal dengan kuah segar yang gurih sangat sempurna jika disantap selagi panas.

6. Es Pala

Minuman satu ini menggunakan manisan pala yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Manis pala yang khas membuat tenggorokan lega dan tentunya menyegarkan. Tidak hanya pas diminum saat panas, Es Pala juga dapat diminum saat cuaca hujan.

7. Cungkring

Cungkring merupakan makanan yang terdiri dari bibir sapi, otot kaki sapi, peyek tempe dan lontong lalu disiram dengan saus kacang dan kecap.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut