get app
inews
Aa Read Next : Perihnya Perjuangan Warga De Marrakesh Bandung Tagih Hak Sertifikat Rumah dari Bank BUMN

Penularan Seperti Covid-19, Warga Bandung Kenali 5 Ciri-ciri Gejala Difteri

Rabu, 01 Maret 2023 | 09:34 WIB
header img
Penyakit Difteri. (Foto: Ilustrasi/net)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, dr. Ira Dewi Jani menyatakan, difteri merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri Corynebacterium.

Bahkan, cara penularannya serupa dengan Covid-19 yakni melalui droplet (air liur) saat berbicara, bersin, atau batuk. Sehingga hal terpenting yang harus dilakukan adalah mencegah difteri menjadi wabah di Kota Bandung.

"Imunisasi itu dapat mencegah difteri bermanifestasi. Sehingga meski potensi tertular itu tetap ada tapi tidak menimbulkan manifestasi klinis atau saat anak tertular atau bergejala tidak menimbulkan komplikasi yang hebat atau kematian," kata Ira, Selasa (28/2/2023).

Selain itu, hal penting lainnya untuk masyarakat adalah cara mendeteksi gejala difteri sedini mungkin. Meski menurutnya, bagi masyarakat umum memang agak sulit untuk mendeteksi karena gejala atau keluhan yang dialami pasien.

Sedikitnya ada lima gejala umum yang dirasakan saat seseorang terserang penyakit difteri seperti demam, nyeri menelan, sesak nafas, batuk dan pilek.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut