get app
inews
Aa Read Next : Demokrat Ingin Dadang Supriatna-Ali Syakieb Dapat Nomor Urut 1 di Pilkada Bandung

Flyover Bojongsoang, Bom Waktu Kemacetan Lebih Parah di Kabupaten Bandung

Rabu, 01 Maret 2023 | 21:12 WIB
header img
Ilustrasi Flyover Bojongsoang di Kabupaten Bandung. Foto: Dok. Okezone

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Kehadiran Flyover Bojongsoang dinilai tidak akan menyelesaikan masalah kemacetan di Jalan Raya Bojongsoang, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung. Sebab jika direalisasikan hanya akan mengurai kemacatan untuk sementara.

Pengamat transportasi, Ekky Bahtiar mengatakan, permasalahan besar hingga akhirnya dimunculkan usulan Flyover Bojongsoang adalah kemacetan. Selain kemacetan, tarikan dan bangkitan di Jalan Raya Bojongsoang dinilai tidak seimbang.

"Flyover itu hanya sementara, kalau gak diberesin secara holistik keseluruhan gak bakalan selesai-selesai itu masalah kemacetan di Bojongsoang," kata Ekky saat dihubungi, Rabu (1/3/2023).

Ekky menyebut, Bandung Raya saat ini sudah hampir sama seperti Jakarta. Pasalnya, kebanyakan masyarakat Kabupaten Bandung kerjanya di Bandung, lantas ketika jam pulang kembali ke daerahnya masing-masing melewati jalan dan waktu yang hampir sama.

"Untuk beberapa tahun ke depan akan terjadi kemacetan seperti biasa, memperparah. Kemacetan yang tidak bisa dipecahkan masalahnya," ujarnya.

Selain itu, kata Ekky, usulan pembangunan termasuk Flyover Bojongsoang bukan hanya Dokumen Studi Kelayakan Proyek atau Feasibility Study (FS) dan Rancang Bangun Rinci atau Detail Engineering Design (DED). Ada juga yang harus diseratakan adalah Analisis Dampak Lalu Lintas (Andalalin).

"Itu harus disertakan betul," ucapnya.

Sekadar informasi, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Jabar menyatakan, Pemkab Bandung sudah mengirim surat usulan pembangunan Flyover di Jalan Raya Bojongsoang pada 2021 lalu.

Namun, Pemkab Bandung belum menyertakan FS dan DED saat mengusulkan pembangunan flyover tersebut.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut