get app
inews
Aa Read Next : Sekda Herman Pastikan Tidak Ada Lagi Pungli di Kawasan Masjid Al Jabbar

Demo di Depan Masjid Al Jabar, Pemprov Jabar Diminta Libatkan Warga Kelola Parkir dan PKL

Senin, 20 Maret 2023 | 17:02 WIB
header img
Warga menggelar aksi di depan Masjid Al Jabbar tuntut dilibatkan kelola lahan parkir dan PKL. Foto: Istimewa

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Aksi unjuk rasa digelar puluhan warga Kelurahan Cimincrang, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung. Mereka mendesak Pemprov Jawa Barat melibatkan warga sekitar Masjid Al Jabbar untuk mengelola lahan parkir dan pedagang kaki lima (PKL).

Setidaknya warga sekitar Masjid Al Jabbar membawa delapan tuntutan dalam aksinya tersebut, mulai dari menolak pengelolaan parkir oleh pihak lain, PKL warga setempat diberi fasilitas dan perhatian, pekerja di Al Jabbar.

Kemudian, melibatkan warga di Al Jabbar, menolak kebaradaan pihak luar (tenaga kerja, parkir dan lain-lain), warga mengelola kebersihan, lahan untuk PKL, dan warga dilibatkan di kegiatan Masjid Al Jabbar.

Perwakilan warga sekitar Masjid Al Jabbar, Ahi (42) mengatakan, banyak warga yang mengandalkan mata pencaharian dari pengelolaan parkir dan PKL.

"Tujuan kami unjuk rasa, kami cuman ingin penjelasan keputusan Pemprov tentang keberadaan kami, PKL, parkir, dan tenaga kerja di Al Jabbar. Kalau tidak diberikan peluang kami dapat penghasilan dari mana," kata Ahi di sela-sela aksi di masjid Al Jabbar, Kota Bandung, Senin (20/3/2023).

Menurut Ahi, pihaknya sudah melakukan audiensi dengan sejumlah pejabat Pemprov Jabar. Akan tetapi, sejauh ini Pemprov Jabar belum memberikan kepastian untuk merealisasikan tuntutan dari warga Cimincrang.

"Tadi sudah ketemu, sudah disampaikan tapi belum ada kepastian," ungkapnya.

Sementara itu, Plt Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Jawa Barat (Jabar), Dewi Sartika mengatakan, pihaknya tengah melakukan pematangan terhadap konsep pengelolaan Masjid Al Jabbar.

Menurut Dewi, pihaknya akan menampung aspirasi warga terkait pemberdayaan PKL hingga pengelolaan parkir di Masjid Al Jabbar.

"Kami tidak akan meninggalkan warga di sini," kata Dewi saat melakukan audiensi dengan perwakilan warga di Masjid Al Jabbar.

Dewi menegaskan, pihaknya belum melakukan kontrak dengan pihak swasta manapun terkait pengelolaan parkir dan PKL.

"Belum ada, jadi yang saat ini yang dilakukan oleh kodim hanya bersifat sementara," pungkasnya.

Dari pantauan di lokasi pukul 13.30 WIB, warga masih melakukan unjuk rasa tepat di depan Masjid Al Jabbar, Jalan Cimincrang, Kota Bandung. Mereka mendesak Gubernur Jabar, Ridwan Kamil untuk menemui mereka.

Diketahui, Ridwan Kamil saat ini tengah berada di dalam masjid Al Jabbar. Ridwan Kamil diagendakan melakukan inspeksi Masjid Al Jabbar hingga melantik DKM masjid Al Jabbar.

"Kami ingin bertemu dengan bapak, kalau tidak diakomodir kami akan aksi dengan mendatangkan massa yang lebih besar," kata sang orator.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut