get app
inews
Aa Read Next : Buah Kegigihan, Pasutri Pedagang Pecel Lele Asal Cianjur Naik Haji usai Menabung Sejak 1991

Akibat Hujan Deras, Tebing Setinggi 40 Meter Longsor Tutup Akses Jalan Gununghalu-Cianjur

Senin, 20 Maret 2023 | 18:44 WIB
header img
Jalan kabupaten di Kampung Tugu RT 3/7, Desa Sindangjaya, Kecamatan Gununghalu, KBB, yang tertutup material tanah longsor. (Foto: iNews.id/Adi Haryanto)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Sebuah tebing yang berada di Kampung Tugu RT 3/7, Desa Sindangjaya, Kecamatan Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat (KBB) longsor. Diduga, tanah longsor tersebut terjadi akibat turunnya hujan dengan intensitas tinggi.

Kasi Pem Desa Sindangjaya, Saep mengatakan, tanah longsor tersebut menutup akses Jalan Raya Gununghalu karena tertutup material tanah longsor.

Akibatnya, kendaraan roda empat maupun roda dua tidak bisa melintas karena tebalnya material tanah yang menutup semua badan jalan kabupaten tersebut.

"Kejadiannya Minggu (19/3/2023) malam saat hujan deras mengguyur wilayah Desa Sindangjaya," kata Saep saat dikonfirmasi, Senin (20/3/2023).

Saep menyebut, petugas gabungan bersama warga kemudian berupaya membuka akses jalan dengan peralatan seadanya sambil menunggu alat berat datang.

"Sejak pagi masyarakat secara swadaya bersama koramil dan petugas gabungan berusaha membuka akses untuk kedaraan sambil menunggu alat berat," ungkapnya.

Sementara itu, Petugas Lapangan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB, Rudi Wibiksana menyebutkan, seluruh badan jalan arah Bunijaya selebar 5 meter tertutup total dengan ketebalan material longsoran tanah sekitar 10 meter.

Akibatnya, arus lalu lintas dari arah Cianjur selatan menuju Bandung via Gununghalu ataupun sebaliknya lumpuh.

Kendaraan dari kedua arah itu terpaksa harus memutar dan mencari jalur alternatif lain untuk bisa melintas. Imbasnya, aktivitas kegiatan warga dari dua desa yaki Desa Bunijaya dan Cilangari dan juga ke arah ke Cianjur terhambat.

Diketahui, akses jalan kabupaten tersebut menjadi jalur utama bagi warga sehari-hari.

"Akses kendaraan lumpuh karena jalan tidak bisa dilewati baik motor atau mobil. Ketebalan tanahnya mencapai sekitar 10 meter," katanya. 

Berdasarkan hasil assesment, hujan deras yang mengguyur wilayah itu mengakibatkan longsor beberapa titik. Sementara longsor dengan dampak besar yakni longsor yang menutup jalan kabupaten di Kampung Tugu. Untuk tinggi tebing yang longsor kurang lebih sekitar 40 meter dan panjang 30 meter.

"Petugas gabungan dan aparat kewilayahan masih berupaya melakukan evakuasi material tanah. Tebalnya material longsoran membuat proses penyingkiran tanah harus memakai alat berat," tandasnya.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut