get app
inews
Aa Read Next : Smartfren Community Meriahkan Ramadan dan Lebaran 2024 dengan Program Santri Ngonten

Niat Mandi Sebelum Puasa Ramadan beserta Tata Caranya

Rabu, 22 Maret 2023 | 16:11 WIB
header img
Ilustasri Mandi Sebelum Puasa Ramadan. (Foto:Istimewa)

BANDUNG, iNewsBandungraya.id - Mandi besar sangat disunahkan bagi umat muslim ketika menjelang ramadan. Sebab, mandi besar jelang ramadan mensucikan diri dari hadas besar atau junub.

Untuk itu, bagi umat muslim perlu mengetahui niat bacaan mandi besar saat ramadan. Sebelum melaksanakan puasa wajib.

Melansir dari laman NU Online, saat bulan puasa memang ada anjuran mandi, tapi bukan mandi wajib, melainkan mandi sunnah yang dianjurkan pada setiap malam bulan puasa. Dalam kitab Hasyiyah al-Bajuri (1/81) dijelaskan:

و بقية الأغسال المسنونة مذكورة في المطولات منها الغسل لدخول المدينة الشريفة...ولكل ليلة من رمضان و قيده الأذرعي بمن يحضر الجماعة والمعتمد عدم التقييد بذالك

Artinya, “Dan sisa mandi-mandi yang disunnahkan telah disebutkan dalam kitab-kitab yang panjang pembahasannya. Di antaranya adalah membersihkan badan karena hendak memasuki kota Madinah,... dan setiap malam di bulan Ramadhan. Imam Al-Adzra’i hanya membatasi pada orang yang hendak menghadiri berjemaah, sementara menurut pendapat yang kuat tidak ada pembatasan dalam hal itu.”

Artinya, tidak ada keharusan untuk mandi wajib menjelang bulan Ramadhan karena bukan termasuk syarat atau rukun. Yang ada hanya mandi sunnah, itu pun berlaku pada setiap malam bulan Ramadhan.

Editor : Abdul Basir

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut