get app
inews
Aa Read Next : Hadir di Summarecon Mall Bandung, Play 'N' Learn Wahana Edukasi untuk Anak-anak

Resmi Dibuka, Berikut Jadwal Lengkap Pendaftaran Miss Universe Indonesia Jawa Barat 2023

Sabtu, 01 April 2023 | 22:10 WIB
header img
Pendaftaran Miss Universe Indonesia 2023 kini telah resmi dibuka. (Foto: Ist)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Pendaftaran Miss Universe Indonesia 2023 kini telah resmi dibuka. Audisi ajang kontes kecantikan bergengsi itu akan berlangsung di 38 provinsi yang ada di seluruh Indonesia.

Dari masing-masing provinsi nantinya akan dipilih satu finalis untuk berkompetisi memperebutkan posisi sebagai Miss Universe Indonesia 2023.

Untuk tingkat provinsi, audisi Miss Universe Jawa Barat akan dimulai pada April 2023 ini. Rencananya, pendaftaran dibuka pada 2 April hingga 15 Mei 2023.

Dalam kurun waktu tersebut juga akan dilakukan road show dengan pendaftaran on the spot kedua kampus dan tiga pusat perbelanjaan di Kota Bandung.

Roadshow ke kampus Universitas Parahyangan dan Maranatha tersebut akan berlangsung pada Mei 2023 mendatang. Sementara tiga mal yang akan dikunjungi
masing-masing Ciwalk, BIP, dan TBD.

Di bawah kepemimpinan Rizky Ananda Musa, PT Solusi Global Group dipilih untuk menyelenggarakan event Miss Universe Indonesia Jawa Barat.

"Ajang Miss Universe Indonesia Jawa Barat bertujuan mencari dan mengembangkan talenta wanita Jawa Barat yang lengkap untuk jadi wakil di tingkat dunia," kata Rizky, yang juga menjabat direktur Miss Universe Jabar, Sabtu (1/4/2023).

Sebagai informasi, setelah menggelar road show, ajang Miss Universe Indonesia Jawa Barat akan berlanjut dengan audisi offline pada 20-21 Mei 2023 untuk memilih 20 kontestan yang selanjutnya dilatih di ajang boot camp.

Audisi akan menilai beberapa aspek kriteria yakni pidato, catwalk, foto dan video, tanya jawab berbicara di depan umum serta wawancara mendalam.

Adapun dewan juri yang terlibat adalah tokoh budaya Jawa Barat, fotografer, model senior, pejabat provinsi, dan juri dari sponsor. Sesi boot camp yang diikuti 20 kontestan rencananya berlangsung pada 30 Mei hingga 21 Juni 2023.

Pada sesi tersebut, 20 kontestan Miss Universe Jawa Barat mendapatkan edukasi singkat mengenai beberapa aspek langsung oleh instruktur profesional di bidang masing-masing. Edukasi tersebut meliputi public speaking oleh DJ Arie, catwalk, koreografi, dan kelas kecantikan.

Selain itu, finalis Miss Universe Jawa Barat juga akan mengikuti tur untuk menambah wawasan tentang industri kreatif di Jawa Barat dan mempromosikan Miss Universe Jawa Barat.

Para finalis Miss Universe Jawa Barat akan mendatangi destinasi wisata Saung Angklung Udjo, Batik Komar, dan Gedung Sate. Selain itu, mereka juga akan mengunjungi Pabrik Industri Skinsol Kosmetik serta media massa.

Setelah melalui tahap boot camp, 20 kontestan Miss Universe asal Jawa Barat ini akan memasuki tahap final regional yang akan digelar di Gedung Sabilulungan, Kabupaten Bandung, pada 3 Juni 2023.

Dalam ajang grand final ini, para kontestan akan berhadapan dengan dewan juri yang terdiri atas perwakilan Miss Universe Indonesia, Direktur Miss Universe Jawa Barat, tokoh penting Jawa Barat, tokoh budaya Jawa Barat, serta juri sponsor.

Perhelatan grand final Miss Universe Jawa Barat rencananya akan menghadirkan bintang tamu utama. Acara grand final akan menggunakan sistem ticketing yang akan dijual untuk umum.

Selain itu, hadir pula Anne Jakapong Jakrajutatip, CEO JKN Global Group PCL (Pemilik Organisasi Miss Universe), sekaligus Penasihat Senior Miss Universe Indonesia, Praphol Milintachindadan Fred Mouawad.

Sebagai informasi, JKN Global Group adalah perusahaan multinasional asal Thailand yang mengakuisisi Miss Universe Organization pada 2022. 

Perusahaan tersebut kini bekerja sama dengan PT Capella Swastika Karya. Dari proses itu, PT Capella Swastika Karya resmi sebagai pemegang lisensi resmi Miss Universe di Indonesia mulai 2023, Miss Universe Indonesia.

Direktur Nasional Miss Universe Indonesia, Poppy Capella mengatakan, Miss Universe bermaksud memberikan wadah bagi perempuan Indonesia untuk menunjukkan bakat dan kualitas luar biasa.

Melalui Miss Universe Indonesia, Poppy berharap, dapat membantu wanita muda bersinar, meningkatkan harga diri, merangkul identitas Indonesia, dan memantapkan diri dengan percaya diri.

"Dengan 49,5 persen penduduk Indonesia terdiri dari wanita, Miss Universe Indonesia siap mentransformasikan organisasi saat ini sekaligus memberikan kesempatan yang terbuka bagi wanita untuk berkolaborasi dalam perbaikan beberapa masalah sosial yang terjadi di Indonesia," kata Poppy yang juga menjabat CEO PT Capella Swastika Karya.

Menurut Poppy, perempuan Indonesia masih memiliki banyak kesempata nuntuk berkembang dan terbentang. Apalagi, Miss Universe menjunjung tinggi prinsip pemberdayaan perempuan.

Terkait lisensi Miss Universe Indonesia, Poppy menmenjelaskan, lisensi tersebut diperoleh setelah sebelumnya Poppy sebagai CEO PT Capella Swastika Karya, mencoba melamar sebagai pemegang lisensi baru Miss Universe Indonesia.

"Mereka membuka aplikasi untuk direktur nasional lama dan baru yang ingin membuka organisasi global Miss Universe membuka aplikasi," kata Poppy.

Setelah melewati beberapa proses, Poppy mendapat kabar baik menjadi pemegang lisensi baru untuk Miss Universe Indonesia. Dia mengaku diberi tahu menjadi pemegang lisensi untuk Miss Universe Indonesia karena kelebihan dan strateginya untuk proposal yang diajukan.

Selanjutnya, PT Capella Swastika Karya mendapatkan keputusan pada hari Selasa, 7 Februari 2023 dan terakhir pada hari Rabu, 8 Februari 2023 pukul 17.30 WIB.

"Pada Senin, 13 Februari 2023, kami akhirnya menandatangani kontrak di Bangkok, Thailand dengan JKN Global Group," ujar Poppy.

Lebih lanjut, Poppy memiliki mimpi untuk membawa kontes kecantikan Miss Universe ke level lebih tinggi dengan tampilan yang segar dan branding kuat. Selain itu, juga memberikan lebih banyak kepada masyarakat, produksi lebih masif, dan investasi yang signifikan untuk wanita Indonesia.

Poppy menambahkan, Miss Universe Indonesia ingin lebih memanfaatkan platform digital masa depan, mengikuti tren dan menyesuaikannya dengan norma dan budaya Indonesia.

"Misalnya untuk bidang pariwisata, Miss Universe Indonesia ingin menampilkan yang terbaik dari hidden gems Indonesia dan itu akan ditunjukkan melalui kandidat dari masing-masing negara bagian saat melakukan kampanye," ujar Poppy.

Sebab, sampai saat ini dunia hanya melihat sebagian kecil dari keindahan Indonesia dan masih banyak lagi yang bisa ditawarkan. Karena itulah, Poppy dan seluruh tim akan menginovasi ajang Miss Universe Indonesia agar siap memasuki babak baru dalam sejarahnya.

"Setelah acara grand opening, tim akan fokus pada audisi awal serta kampanye online dan offline. Di antaranya Bootcamp Week, Pageant Week, dan final kontes Miss Universe Indonesia, yang nantinya juaranya akan mewakili Indonesiadi kompetisi global," tandasnya.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut