get app
inews
Aa Read Next : Thailand Industrial Business Matching 2024 Buka Peluang Bisnis dengan Indonesia

Tata Cara Sholat Gerhana Matahari Lengkap

Rabu, 12 April 2023 | 11:24 WIB
header img
Tata cara sholat gerhana atau kusuf. Foto ilustrasi: Pixabay

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Umat muslim dianjurkan melaksanakan sholat kusuf atau gerhana ketika wilayahnya dilewati gerhana. Terlebih wilayah Indonesia pada Kamis, 20 April 2023 akan dilewati gerhana matahari hibrida 2023.

Dinukil dari BRIN, gerhana matahari hibrida 2023 bakal melewati beberapa wilayah di Indonesia. Sebagian wilayah utara Aceh tidak bakal mengalami gerhana matahari hibrida.

Sedangkan, jalur total gerhana matahari hibrida ini bakal melewati 3 provinsi, yakni Maluku, Papua Barat, dan Papua. Untuk di daerah lainnya bakal mengamati gerhana matahari hibrida 20 April 2023 berupa gerhana matahari sebagian dengan magnitudo gerhana tertentu.

Adapun waktu terjadinya gerhana di setiap lokasi bakal berbeda-beda. Di Indonesia, waktu mulai gerhana paling awal yaitu di Parigi, Jawa Barat, yakni pada pukul 09.25.52,1 WIB. Sementara kota yang waktu mulai gerhananya paling akhir adalah di Meureudu, Aceh, yaitu pukul 10.43.45,5 WIB.

Ada beberapa tata cara sholat gerhana yang bisa dilakukan. Berikut disampaikan Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin dalam sebuah kesempatan.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut