get app
inews
Aa Read Next : Gerindra Resmi Dukung Adhitia Yudisthira Bertarung di Pilwalkot Cimahi 2024

Purnawirawan Belum Mendapat Tempat di Pilgub Jabar 2024, Ini Buktinya

Senin, 15 Mei 2023 | 11:03 WIB
header img
Ilustrasi Pilgub Jabar 2024. Foto: Istimewa

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Pilgub Jawa Barat tinggal menyisakan waktu satu tahun lebih. Namun hingar bingarnya mulai terasa dengan sejumlah lembaga survei yang memunculkan sejumlah nama.

Salah satu nama yang digadang-gadang maju dalam Pilgub Jabar 2024 adalah Mochamad Iriawan alias Iwan Bule. Mantan Ketum PSSI ini disebut-sebut ingin maju di Pilgub Jabar.

Jika ditelisik lebih dalam, Iwan Bule nampaknya serius dalam perpolitikan. Ini dibuktikan dengan Mantan Kapolda Jabar itu yang masuk Partai Gerindra dan langsung menggantikan posisi yang ditinggalkan Sandiaga Uno.

Terkait sosok purnawirawan di Pilgub Jabar, Pengamat Politik dan Pemerintahan dari Unjani, Arlan Siddha memberikan jawaban menarik.

"Belum agak mendapatkan tempat purnawirawan itu di Jabar," kata Arlan saat dikonfirmasi, Senin (15/5/2023).

Arlan menjelaskan, purnawariwan yang mencoba peruntungan di Pilgub Jabar di antaranya Iwan Sulandjana. Berpasangan dengan petahana Danny Setiawan, Iwan Sulandjana yang maju sebagai cawagub dan disokong oleh Golkar dan Demokrat, kalah oleh Ahmad Heryawan (Aher) dan Dede Yusuf.

10 tahun berselang atau Pilgub Jabar 2018, ada purnawirawan Anton Charliyan yang maju sebagai cawagub dan berpasangan dengan purnawirawan TB Hasanuddin. Pasangan tersebut kalah oleh Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum.

"Beberapa kali sipil memegang kendali, Aher 2 periode, lalu Ridwan Kamil," ujar Arlan.

Menurut Arlan, apabila Gerindra berani mencalonkan Iwan Bule dengan modal suara yang cukup besar di Jabar akan menghasilkan pertarungan yang seru. Pasalnya, masyarakat bakal disuguhkan pilihan-pilihan calon yang menarik selain sipil.

"Kalau didorong ke Pak Iwan Bule, ini menarik. Gerindra memberi alternatif kepada masyarakat Jawa Barat, walaupun sudah ada Ridwan Kamil yang juga kader Golkar, pasti Golkar bersiap," ucapnya.

Dikatakan Arlan, tidak ada dampak apapun apabila Gerindra menyokong Iwan Bule. Toh apabila Iwan Bule menang bakal jadi keuntungan bagi partai besutan Prabowo Subianto itu.

"Risiko untuk Gerindra tidak ada, kalau dalam konstalasi politik. Kalau Iwan Bule menang, itu keuntungan buat Gerindra posisi tawarnya," tandasnya.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut