get app
inews
Aa Read Next : Panglima TNI Kenakan Pangsi dan Iket Sunda Hadiri Milangkala Paguyuban BMP di Cimahi

Sambangi Itenas, Pangdam III/Siliwangi Tinjau Pelatihan BIM untuk Prajurit

Kamis, 25 Mei 2023 | 18:08 WIB
header img
Pangdam III/Siliwangi, Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo saat meninjau BIM di Itenas Bandung. Foto: Istimewa

“Pelatihan BIM (diselenggarakan) untuk mempertajam kemampuan prajurit dalam Architecture Engineering and Construction (AEC), sehingga prajurit memahami berbagai aplikasi terkini yang sedang trending. Semuanya untuk mendukung tugas pokok Satuan,” kata Kunto saat meninjau kegiatan pelatihan, Rabu (24/5/2023).

Di tempat yang sama, Kazidam III/Siliwangi, Kolonel Czi Rielman N. Yudha Trianandha menuturkan, pelatihan kepada prajurit Kodam III/Siliwangi memiliki tujuan untuk menyesuaikan dengan teknologi rancang bangun yang digunakan saat ini.

Hal itu disampaikan Kazidam berdasarkan PP No. 16 Tahun 2021 tentang Bangunan Gedung bahwa metode pelaksanaan konstruksi bangunan dengan padat teknologi wajib menggunakan BIM paling sedikit sampai dimensi kelima, sedangkan padat modal wajib menggunakan BIM sampai dimensi kedelapan.

“Sehingga dalam memodelkan sebuah bangunan atau infrastruktur dapat mendeteksi secara detail hubungan antar elemen dalam sistem bangunan yang dapat ditampilkan dalam bentuk dimensi ketiga serta mengkalkulasikan volume pekerjaan,” ujar Rielman. 

Untuk pelatihan ini, prajurit Kodam III/Siliwangi diberikan materi tentang pengambilan bangunan sampai dimensi ketiga.
Sesuai dengan topik utamanya, pelatihan ini menitikberatkan kepada pengenalan teori dasar dan elemen-elemen yang terdapat dalam BIM. Setiap harinya, pelatihan berlangsung dari pukul 08.00 hingga pukul 16.00 WIB.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut