get app
inews
Aa Read Next : Catat! Ini 5 Tips Konsumsi Daging Kurban Agar Terhindar dari Kolesterol

Hilal Idul Adha 2023 Tak Teramati dari Bandung, BMKG Imbau Tunggu Hasil Sidang Isbat

Minggu, 18 Juni 2023 | 12:30 WIB
header img
Hilal Idul Adha 2023 Tak Teramati dari Bandung, BMKG Imbau Tunggu Hasil Sidang Isbat. (Foto: Ilustrasi/Sindonews)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Awal bulan Zulhijah 1444 Hijriah akan segera tiba. Bagi umat muslim, bulan ke-12 dalam kalender Qomariyah tersebut memiliki makna penting karena berhubungan dengan Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada 10 Zulhijah.

Karena itu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) turut melakukan pengamatan hilal untuk menentukan Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah.

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Bandung, Teguh Rahayu mengatakan, hilal di Kota Bandung berpotensi tak teramati pada pelaksanaan pengamatan di seluruh Indonesia pada Minggu (18/6/2023). Kondisi hilal masih jauh dari angka 3 derajat, sebagaimana ketentuan Kementerian Agama RI.

Teguh menyebut, pihaknya melakukan pengamatan hilal di Observatorium Al-Biruni Unisba, bersama dengan 28 titik lainnya di Indonesia. Pengamatan ini untuk menentukan Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah.

Menurutnya, data hilal pada saat matahari terbenam pada hari Minggu, 18 Juni 2023 di Observatorium Albiruni Fakultas Syariah Universitas Islam Bandung dimana tinggi hilal 0⁰ 54’ 30” dan dinilai tidak cukup tinggi (tinggi hilal terendah yang pernah terlihat hilal oleh Tim BMKG sebesar 6,47⁰).

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut