Pertama di Lingkup OPD Jabar, Bapenda Luncurkan Inovasi Layanan Format Braile

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jawa Barat (Jabar) meluncurkan inovasi layanan untuk masyarakat penyandang disabilitas berupa Permohonan Informasi dengan format braile dan video sosialisasi bahasa isyarat.
Kepala Bapenda Jabar, Dedi Taufik menilai, tugas Bapenda tidak hanya berkutat soal pendapatan saja. Namun juga orientasi pelayanan yang inklusif menjadi salah satu elemen penting yang perlu terus dikuatkan.
“Semua masyarakat harus terlayani, saudara kita yang disabilitas juga memiliki hak yang sama. Makanya layanan ramah disabilitas ini yang menjadi concern kami, sehingga ada layanan dengan format braile dan video sosialisasi dengan Bahasa isyarat,” ucap Dedi dalam keterangannya, Sabtu (24/6/2023).
Dedi mengatakan, inovasi ini menjadi yang pertama di lingkungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar.
"Inovasi ini pertama yang ada di lingkup OPD Pemprov Jabar," ujarnya.
Dedi menjelaskan, permohonan informasi dengan format braile ini merupakan Formulir Permohonan yang harus diisi oleh Pemohon Informasi Penyandang Tunanetra, termasuk didalamnya Formulir Pernyataan Keberatan Atas Permohonan Informasi Publik.
"Masyarakat penyandang disabilitas bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan Informasi mengenai Bapenda Jabar. Layanan ini sudah ada di 34 Samsat di Jabar serta di Kantor Pusat Bapenda Jabar," jelasnya.
Sedangkan video dengan Bahasa isyarat berisi tentang informasi mengenai Pajak Kendaraan Bermotor maupun Layanan Samsat Bapenda Jabar, melalui WA Chatbot Samsat Information Center Bapenda Jabar.
"Video tersebut sudah bisa diakses di berbagai kanal atau media sosialisasi mengenai program Bapenda Jabar," ungkapnya.
Diketahui, Anugerah Tinarbuka merupakan penghargaan Keterbukaan Informasi Publik tertinggi untuk Kategori Kepala Dinas/Kepala Badan/Direktur Perangkat Daerah se-Indonesia, yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi Pusat (KIP).
"Alhamdulillah mendapat apresiasi berupa penghargaan Anugerah Tinarbuka hasil dari inovasi Samsat Information Center dan layanan ramah disabilitas," katanya.
"Semangat layanan inklusif ini perlu dijaga. Ke depan, layanan ini akan terus kami sempurnakan," pungkasnya.
Editor : Rizal Fadillah