get app
inews
Aa Read Next : Ridwan Kamil-Suswono Resmi Diusung KIM Plus di Pilkada Jakarta 2024

APBD Terbatas Danai Pembangunan, Pemprov Jabar Bakal Terbitkan Surat Utang

Selasa, 04 Juli 2023 | 12:24 WIB
header img
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil akan terbitkan surat utang daerah untuk membiayai pembangunan di Jabar. Foto: Twitter/@ridwankamil

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Pemprov Jawa Barat membuat gebrakan dengan wacananya yang akan menerbitkan obligasi daerah (pinjaman daerah) atau disebut surat utang. Wacana ini mengemuka lantaran pembangunan tidak bisa maksimal hanya dengan mengandalkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil meyakini akan terjadi lompatan pembangunan apabila rencana surat utang daerah ini terealisasi. Pasalnya, kebutuhan pembangunan Jabar secara keseluruhan membutuhkan anggaran Rp800 triliun.

Pria yang akrab disapa Kang Emil itu menyebut, Jabar hanya sanggup membiayai infrastruktur Rp50 triliun dalam lima tahunnya. Jika tidak ada perubahan, infrastruktur secara paripurna di Jabar itu baru terwujud setelah 80 tahun.

"Kalau hanya mengandalkan APBD saja, waktunya terlalu panjang. Maka harus ada inovasi untuk mempercepat itu," kata Kang Emil, Selasa (4/7/2023).

Kang Emil menjelaskan, surat utang daerah tersebut akan ditawarkan kepada publik lewat penawaran umum di pasar modal. Di awal penerbitan, pihaknya hanya menargetkan dana Rp2 triliun.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut