get app
inews
Aa Read Next : 3 Cara Efektif Menjaga Kulit Tetap Terhidrasi Selama Berpuasa

Bacaan Niat Puasa Asyura 28 Juli 2023, Lengkap Ada Latin dan Artinya

Sabtu, 08 Juli 2023 | 09:45 WIB
header img
Puasa Asyura pada tahun ini jatuh pada 28 Juli 2023. (Foto: Ilustrasi/Freepik)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Salah satu amalan yang bisa dikerjakan umat muslim meyambut bulan Muharram 1445 H adalah puasa Asyura. Sebab keutamaan puasa Asyura ini sangat luar biasa.

Puasa Asyura pada tahun ini akan jatuh pada hari Jumat, 28 Juli 2023. Mengingat tahun baru Islam atau 1 Muharram 1445 H bertepatan dengan tanggal 19 Juli 2023.

Asyura bisa disebut sebagai hari mulia di bulan yang mulia. Pasalnya, hari itu terdapat amalan khusus dengan pahala agung.

Muharram sendiri adalah bagian dari empat bulan mulia dalam Islam. Bahkan bulan tersebut dijuluki syahrullah, bulannya Allah SWT.

Keutamaan dari puasa di bulan Muharram hanya “kalah” oleh keutamaan berpuasa di bulan Ramadhan dan puasa Arafah. Terkait hal itu, Rasulullah SAW bersabda:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللهِ الْمُحَرَّمُ، وَأَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعدَ الفَرِيضَةِ صَلاَةُ اللَّيْل

“Diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, dia berkata, ‘Rasulullah SAW bersabda, “Puasa yang paling utama setelah Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah, Muharram, dan shalat yang paling utama setelah shalat fardhu adalah shalat malam.” (HR Muslim).

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut