get app
inews
Aa Read Next : Bebas Kendaraan Setiap Akhir Pekan, Ini Dia Tiga Spot Tempat Wisata di Braga

5 Tempat Wisata Alam di Garut untuk Healing Tipis-tipis, Nomor 4 Bisa Renang Gratis

Minggu, 23 Juli 2023 | 13:00 WIB
header img
Mata Air Cigede Cibuyutan (Foto: MNC Portal/Fani Ferdiansyah)

GARUT, iNewsBandungRaya.id - Selain terkenal dengan kuliner Dodol, Garut juga memiliki banyak tempat wisata yang cocok dikunjungi saat hari libur tiba.

Terdapat beragam pilihan destinasi wisata yang bisa Anda pilih. Mulai dari wisata air, wisata sejarah, hingga wisata alam.

Soal wisata alam, ada beberapa destinasi yang cocok dijadikan tempat healing. Penasaran?

Berikut 5 tempat wisata alam di Garut untuk healing tipis-tipis, dirangkum dari berbagai sumber:

1. Kawah Putih Telaga Bodas

Jika di Kabupaten Bandung ada tempat wisata bernama Kawah Putih, nah yang di Garut ini namanya Kawah Putih Telaga Bodas. Sesuai namanya, pemandangan alam yang akan kamu nikmati di sini berupa kawah yang berwarna biru indah alam Telaga Bodas.

Tak hanya keindahan alamnya saja yang bisa kamu nikmati di tempat ini. Air kawahnya banyak dipercaya sebagai penyembuh berbagai jenis penyakit.

Misalnya saja adalah rematik. Dan memang benar, dari sisi medis pun hal ini bisa dibilang valid. Kandungan belerang yang ada di Kawah Putih Telaga Bodas cukuplah tinggi.

Kawah Putih Telaga Bodas berlokasi di Wanajaya, Jalan Talaga Bodas No. 5, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

2. Puncak Guha

Tempat wisata Garut selanjutnya ada Puncak Guha. Sebuah destinasi wisata yang berlokasi di Sinarjaya, Bungbulang, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Sesuai namanya, di tempat ini kamu akan diajak naik ke atas puncak. Tak hanya pemandangan indah dari atas puncak saja yang akan kamu nikmati, kamu juga bisa melihat goa atau guha kelelawar.

Nah, goa ini menghadap ke arah Sang Hyang Tarajep ke Samudera Hindia. Jika ingin melihat keindahan yang sempurna, datang ke tempat ini menjelang sore adalah yang paling tepat. Sebab kamu bisa menikmati suasana sunset yang sangat indah.

3. Leuwi Jurig

Dalam Bahasa Indonesia, nama tempat ini berarti Kolam Hantu. Namun jangan salah, tak ada pemandangan seram yang akan kamu temui di tempat ini. Sebaliknya, Leuwi Jurig menyajikan view yang sangat indah dan juga eksotis.

Pemandangan tebing dari batu-batuannya serta birunya permukaan air di bawah tebing akan membuatmu terkesima. Leuwi Jurig berlokasi di Cihikeu, Bungbulang, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

4. Mata Air Cigede Cibuyutan

Mata Air Cigede Cibuyutan atau yang lebih populer disebut Pemandian Cigede merupakan salah satu dari sekian banyak tempat wisata gratis di Kabupaten Garut.

Pemandian yang berada di Desa Sukakarya, Kecamatan Banyuresmi ini memiliki kolam yang sangat jernih, cocok untuk berenang atau bermain air.

Saking jernihnya, dasar air yang penuh bebatuan dapat terlihat jelas dari atas permukaan tanpa harus menyelam. Beningnya air serta pemandangan unik di dalamnya membuat kita bisa melakukan foto underwater.

Nuansa alam di Pemandian Cigede pun masih sangat asri. Sebab dikelilingi perkampungan serta area pesawahan yang luas. Lokasi Mata Air Cigede Cibuyutan pun dapat diakses dari Jalan Raya Bandung-Garut, kawasan Warung Peuteuy.

5. Curug Batu Nyusun

Garut punya banyak curug atau air terjun. Nah Curug Batu Nyusun adalah salah satu dari wisata curug di Garut yang unik.

Seperti namanya, keindahan dan keunikan curugnya bisa dilihat dari batuan penyusun tebingnya yang seperti ditata sedemikian rupa.

Padahal curug tersebut merupakan curug alami. Curug Batu Nyusun berlokasi di Pangrumasan, Peundeuy, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut