get app
inews
Aa Read Next : Deklarasi Pemilu Damai, Keluarga Besar FKPPI Jabar Serukan Profesionalitas TNI Polri

Antisipasi Peperangan, Ribuan Prajurit TNI Diterjunkan Latihan Gabungan

Senin, 24 Juli 2023 | 16:05 WIB
header img
Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono saat menghadiri Tactical Floor Game (TFG) persiapan latihan gabungan (latgab) 2023. Foto: Istimewa

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Tentara Nasional Indonesia (TNI) bakal menggelar latihan gabungan (Latgab) yang melibatkan tiga matra yaitu angkatan darat (AD), angkatan laut (AL), dan angkatan udara (AU). Sekitar 7.500 prajurit akan terlibat yang sekaligus mengetes alat utama sistem pertahanan (Alutsista) pada Agustus mendatang.

Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono mengatakan, latgab kali ini bakal disebar di tiga wilayah. Ketiganya antara lain Kogabwilhan I dilaksanakan di Dabo Singkep, Kepulauan Riau, Kagobwilhan II latihan di Asembagus, Jawa Timur dan Kagobwilhan III di Ransiki, Papua Barat.

“Pada hari ini kita laksanakan tactical floor game (TFG). Ini memberikan pemahaman kepada satuan bawah, jajaran bawah yang terlibat,” kata Yudo di Sesko TNI, Kota Bandung, Senin (24/7/2023).

Yudo mengungakapkan, latgab ini merupakan salah satu komitmennya dalam rangka meguji sistem pembinaan. Di samping itu, latgab penting sebagai kesiapan TNI dalam berbagai situasi, termasuk peperangan yang sewaktu-waktu bisa terjadi.

Peperangan sendiri, lanjut Yudo, penyebabnya cukup banyak. Selain karena wilayah, peperangan pun bisa meletus karena ekonomi.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut