get app
inews
Aa Read Next : Google Doodle Peringati Tari Rangkuk Alu dari Manggarai 29 April 2024

Google Doodle Hari ini: Ibu Kasur, Sosok Penghibur dan Pendidik yang Sabar

Minggu, 16 Januari 2022 | 13:00 WIB
header img
Google doodle bu kasur

JAKARTA, INews.id - Google Doodle hari ini menghadirkan grafis tentang Ibu Kasur. Doodle tersebut hadir untuk memperingati Hari Ulang Tahun ke-96 sosok penghibur dan pendidik anak-anak Indonesia,  Sandiah. 

Figur ini populer dengan nama Ibu Kasur. Terutama di televisi di zaman dulu. Selama hidup, Ibu kasur terkenal sebagai sosok keibuan yang sabar dan penyayang, mengajarkan generasi muda Indonesia nilai-nilai moral dan pelajaran untuk masa depan di berbagai platform. 
Lahir di Jakarta pada 16 Januari 1926, Sandiah pernah menjadi pembawa acara anak-anak populer "Taman Indria". Lalu, sempat bergabung dengan Pramuka, yang membawanya bertemu dengan suaminya, Pak Kasur. 

Ia memiliki dedikasi terhadap pendidikan anak-anak yang berkembang di SMP, Ibu Kasur dan suaminya membuka sekolah pendidikan awal bernama TK Mini di rumahnya sendiri pada 1965. 

Sekolah itu, menjadi dasar bagi pengabdian seumur hidup Ibu dan Bapak Kasur terhadap pendidikan pemuda Indonesia. Kemudian, beliau memperluas program pendidikannya ke seluruh Indonesia sebagai pembawa acara program anak-anak di Radio Republik Indonesia dan sebagai ketua Yayasan Setia Balita. 
Pada 1990-an, yayasan tersebut mendirikan 4 cabang taman kanak-kanak secara nasional. Selain itu, dirinya juga mengedit majalah anak-anak, memproduksi film anak-anak, dan membuat puluhan lagu anak-anak. 

"Jika Anda mendengarkan dengan seksama komposisi pendek khas Kasur, Anda dapat mendengar bahwa mereka mengecualikan huruf "r" untuk membuat lagu untuk anak-anak yang mudah diingat dan diucapkan," kata Google Doodle dalam keterangan resminya. 

Ibu Kasur dianugerahi Penghargaan Presiden atas prestasinya sebagai pendidik yang kreatif dan berdedikasi pada Hari Anak Nasional 1988. Hingga sekarang, banyak dari 150 lagu anak-anak Kasur, seperti "Kucingku" atau "Bertepuk Tangan", masih dinyanyikan oleh anak-anak di seluruh Indonesia. (*)

 

 

Artikel ini telah tayang di https://techno.okezone.com/
dengan judul "Google Doodle Peringati HUT Sandiah "Ibu Kasur", Siapa Dia? : Okezone techno",
Klik untuk baca: https://techno.okezone.com/read/2022/01/16/54/2532882/google-doodle-peringati-hut-sandiah-ibu-kasur-siapa-dia.

Download aplikasi Okezone Portal Berita Online Indonesia , Lengkap Cepat Beritanya:
Android: https://play.google.com/store/apps/details?id=linktone.okezone.android
iOS: https://apps.apple.com/us/app/okezone-com-news/id624468351

Editor : Ude D Gunadi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut