get app
inews
Aa Read Next : 4 Spot Wisata Kuliner Malam di Bandung, Banyak Pilihan Makanan!

Mantul! Rawon Dinobatkan sebagai Sup Terenak di Dunia 2023

Senin, 31 Juli 2023 | 14:50 WIB
header img
Rawon. (Foto: Cookpad)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Rawon baru saja dinobatkan sebagai sup terenak di dunia versi Taste Atlas. Makanan khas Surabaya, Jawa Timur ini menempati posisi pertama dan mengalahkan ramen dari negara Jepang dan tom kha gai dari Thailand.

Dikutip dari laman Taste Atlas, rawon mendapat rating 4.8, mengungguli beberapa negara Asia lain. Di urutan kedua ada tonkotsu ramen dari Fukuoka Jepang dengan rating 4.7.

Lalu, ada tom kha gai dari Thailand, sopa de lima, taiwanese hot pot, ciorba radauteana, bori-bori, ramen, shoyu ramen, dan yang terakhir ada zurek dari Polandia.

Rawon sendiri merupakan makanan olahan dari daging sapi yang kaya bumbu dengan cita rasa rempah yang khas dan menggoyang lidah. Salah satu bumbu khas dalam masakan ini adalah kluwek atau kepayang yang memberikan warna kuah hitam khas milik rawon.

“Bumbu Indonesia yang tidak biasa ini sangat beracun saat mentah, dan selalu perlu difermentasi sebelum dikonsumsi. Kluwek digiling dengan bahan dan rempah-rempah lain, memberikan hidangan rasa yang bersahaja, serta warna hitam gelap yang unik. Asal-muasal sajian tersebut diyakini dari Kota Surabaya, Ibu Kota Jawa Timur,” tulis keterangan dari Taste Atlas, dikutip Senin (31/7/2023).

Editor : Rizal Fadillah

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut