Ia juga menyebut, Pasar Kreatif Bandung 2023 menampilkan 42 persen wajah baru pelaku UMKM asal Kota Bandung. Wajah-wajah baru ini terpilih berdasarkan kurasi yang ketat.
Meski begitu, ada pula sekitar 15 persen wajah-wajah lama atau pelaku UMKM yang konsisten mengikuti Pasar Kreatif sejak pertama digelar. Menurut, Elly, wajah-wajah lama ini merupakan jenama (brand) UMKM yang sudah stabil, sehingga diharapkan dapat menggandeng pula para pelaku UMKM baru.
"Untuk di titik 23 Paskal ini, saya dengar omzet mereka juga sangat luar biasa. Apalagi di akhir pekan," kata Elly menambahkan.
Sementara itu, Pelaksana Harian Wali Kota Bandung Ema Sumarna yang meninjau kegiatan Pasar Kreatif menyampaikan apresiasi. Ia mengaku bangga produk UMKM Kota Bandung dapat menyesuaikan diri dengan kebutuhan zaman.
"Desain, paduan warna, inovasi produk dari mereka sudah luar biasa. Saya dengar juga di sini ada salah satu produk jam yang telah menjadi suvenir pada acara G20," ujar Ema.
Editor : Abdul Basir