get app
inews
Aa Read Next : Keppres Pemindahan Ibu Kota Belum Diteken, Jokowi: IKN Belum Betul-betul Siap

LRT Jabodebek Belum Sempurna, Jokowi Minta Jangan Buru-buru Dioperasikan

Jum'at, 04 Agustus 2023 | 11:04 WIB
header img
Presiden Joko Widodo menjajal LRT Jabodebek. (Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev)

JAKARTA, iNewsBandungRaya.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengakui, jika lintas rel terpadu (LRT) Jabodebek (Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi) masih terdapat sejumlah hal yang harus disempurnakan.

Kendati demikian, hal tersebut dimaklumi Jokowi. Sebab, Indonesia sendiri baru pertama kali memiliki LRT, begitu juga dengan moda raya terpadu (MRT), dan juga kereta cepat.

“Jadi kalau ada kekurangan, masih ada yang perlu dikoreksi, masih ada yang perlu dievaluasi ya saya kira wajar. Jangan mengharapkan ini nanti operasi langsung semuanya sempurna, tidak, pasti ada perbaikan-perbaikan sistem, perbaikan perbaikan teknis yang lain-lainnya,” kata Jokowi saat meninjau LRT Jabodebek, Kamis (3/8/2023).

Kedatangan Jokowi tersebut untuk memastikan kesiapan sistem, terutama dari segi keamanan dan keselamatan, sebelum LRT tersebut secara resmi dioperasikan.

“Jadi tidak usah tergesa-gesa untuk segera dioperasikan, tetapi semuanya yang berkaitan dengan sistem, yang berkaitan dengan keamanan, yang berkaitan dengan keselamatan itu harus diutamakan,” ungkapnya.

Jokowi juga mengakui, saat menaiki LRT dari Stasiun Harjamukti di Depok hingga Stasiun Dukuh Atas di Jakarta dirinya cukup merasa nyaman.

“Saya telah mencoba LRT dari Stasiun Harjamukti di Cibubur, kemudian Cawang, kemudian Dukuh Atas. Nyaman dan semuanya alhamdulillah lancar,” akunya.

Jokowi pun berharap, kehadiran LRT ini nantinya akan meningkatkan integrasi moda transportasi di wilayah Jakarta dan sekitar.

“Nanti ini titik ini, di Dukuh Atas nanti pertemuan semuanya. Di Dukuh Atas ini pertemuan MRT, pertemuan KRL, pertemuan kereta bandara, pertemuan LRT ada di sini, Transjakarta semuanya, sehingga ini akan menjadi sebuah titik sentral bagi semua moda transportasi yang ada di Jakarta,” tandasnya.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut