get app
inews
Aa Read Next : Sepekan Pemulangan Jemaah Haji, Lebih dari 50 Persen Penerbangan Garuda Terlambat

Salah Cetak Ayat Alquran Gegerkan Publik, Kemenag Buka Suara

Senin, 14 Agustus 2023 | 12:40 WIB
header img
Salah cetak Alquran Surat Al Kahfi Ayat 8 viral di media sosial. Foto: Twitter/@mohmahfudmd

JAKARTA, iNewsBandungRaya.id - Lini massa kembali dihebohkan dengan beredarnya foto salah cetak ayat Alquran. Salah cetak ditemukan di lembaran mushaf Alquran yang diterbitkan Badan Wakaf Al-Qur'an (BWA).

Kesalahan ini sangat jelas nampak pada Ayat 8 Surat Al Kahfi, yakni kata "lajaa’iluuna" tertulis "lajaahiluuna".

Foto yang beredar luas berupa lembaran Alquran halaman 294, disertai tanda panah berwarna biru yang menunjuk tulisan "lajaahiluuna" pada Ayat 8 Surat Al Kahfi. Pada bagian pojok kiri atas ada bagian yang warnanya lebih gelap menunjukkan citra bayangan serta lipatan.

Dilansir Kemenag.go.id, Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi (HDI) Ahmad Fauzin menyatakan, pihaknya mencatat foto yang sama seperti ini setidaknya telah beredar empat kali. Foto itu pertama kali beredar pada April 2022, kemudian viral kembali pada Oktober 2022.

Ketiga kalinya foto yang sama menyebar lagi pada Desember 2022 dengan disertai keterangan, "Pak Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas ini ada Alquran cetakan Kamenag RI salah cetak di Surat Al Kahfi Ayat 8. Huruf ع diganti ه. Saya tanyakan kepada para kyai, betul bahwa telah terjadi kesalahan cetak. Mohon perhatian panjenengan."

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut