get app
inews
Aa Read Next : Bikers Brotherhood 1% Kolaborasi dengan Baznas Jabar Galang Donasi untuk Palestina

Rayakan HUT ke-78 RI, Bikers Brotherhood 1% MC Road Show Jelajahi Jawa Barat

Selasa, 15 Agustus 2023 | 20:10 WIB
header img
Bikers Brotherhood 1% MC. (Foto: Ist)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Bikers Brotherhood 1% MC West Java Chapter akan menggelar Ride and Camp bertajuk Red and White Road to Perfect Soul dalam rangka memperingati HUT ke-78 Republik Indonesia.

Salah satu rangkaian kegiatan yang berlangsung pada 16-20 Agustus 2023 itu, Bikers Brotherhood 1% MC akan melakukan road show 1000 kilometer menjelajahi wilayah Jawa Barat.

Vice President Bikers Brotherhood 1% MC West Java Chapter, Adi Ochund Jd mengatakan, dalam Ride and Camp tahun ini pihaknya akan menggelar beberapa rangkaian kegiatan.

"Untuk kegiatannya itu bercerita mengenai ridding bersama, kegiatan sosial kemanusian bersama masyarakat setempat, berkemah bersama dan keesokan harinya bersiap melaksanakan prosesi penghormatan bendera Sang Saka Merah Putih dan diakhiri dengan road show jelajah Jawa Barat," kata Adi, Selasa (15/8/2023).

Adi menyebut, peralihan tanggal 15-16 malam akan menjadi saksi keberangkatan kelompok anak muda generasi penerus bangsa Indonesia ini. Keberangkatan akan dimulai dari Sekretariat Bikers Brotherhood West Java Chapter di Jalan Pajajaran no 42, Kota Bandung.

"Rombongan akan saya pimpin bersama Field Commander West Java menuju Situ Janawi di Desa Payung, Kecamatan Raja Galuh, Kabupaten Majalengka," ucapnya.

Adi mengungkapkan, di Desa Payung nanti para riders bersama masyarakat setempat akan melakukan Marak, sebuah tradisi menangkap ikan tanpa memakai alat.

"Hasil tangkapan ikannya dapat dibawa kerumah masing-masing,sebuah produk kearifan lokal yang perlu untuk dilestarikan," ungkapnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga telah menyiapkan beragam perlombaan dengan melibatkan masyarakat dalam memerihan Hari Kemerdekaan Indonesia.

"Hiburan-hiburan diharapkan juga akan lebih mempertebal jiwa gotong royong dan kebersamaan, panjat pinang didalam situ, balap karung ditepi situ dan beberapa lagi perlombaan untuk anak-anak, remaja dan orang dewasa yang akan menjadi pesta untuk rakyat," paparnya.

Bikers Brotherhood 1% MC West Java Chapter juga akan memberikan bantuan untuk pembangunan sebuah pesantren disekitar kawasan Situ Janawi.

Setelah itu, rombongan akan menuju kawasan perkemahan Batu Nyonclo di bawah kaki Taman Nasional Gunung Ciremai. Rencananya, mereka akan bermalam bersama dengan warga setempat.

"Pada 17 Agustus 2023 setelah upacara kemerdekaan di hutan Pinus kaki Gunung Ciremai kita langsung merapihkan tenda camping dan sampah-sampah rombongan akan bersiap-siap untuk melaksanakan prosesi penghormatan Sang Saka Merah Putih," terangnya. 

Selanjutnya, rombongan akan melakukan persiapan roadshow yang akan dilepas oleh Vice Presiden West Java Chapter dengan jalur Majalengka-Subang-Purwakarta-Plered-Cianjur-Sukabumi-Ciletuh-Sindangbarang-Cidaun-Rancabuaya-Pangalengan-Soreang (Genderewoz Camp)-Sekretariat West Java.

Adi mengatakan, track roadshow yang kedua sedikit berbeda dengan roadshow pertama. Hal ini dimaksudkan untuk dapat lebih mengenal wilayah Jawa Barat secara merata bagi seluruh peserta.

Pihaknya pun berharap, seluruh rangkaian kegiatan ini dapat lebih meningkatkan rasa percaya diri dan lebih menumbuhkan rasa cinta akan wilayah yang berada di Indonesia.

"Kami sadar masih terlalu kecil nilai positif yang akan dirasakan oleh masyarakat tetapi kami yakin bahwa ini akan menjadi lingkaran kecil yang akan terus melebar dan tentunya ini merupakan tanggung jawab kita semua sebagai masyarakat dan bangsa Indonesia," tandasnya.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut