get app
inews
Aa Read Next : Didukung Aliansi Advokat Indonesia, Farhan-Erwin Ingin Penegakkan Hukum yang Adil di Bandung

The Fox, The Folks Juara Pertama Kompetisi Schlosslichtspiele Karlsruhe di Jerman

Kamis, 17 Agustus 2023 | 20:53 WIB
header img
The Fox, The Folks asal Bandung, juara Festival Projection Mapping internasional, Schlosslichtspiele Karlsruhe di Jerman dengan karya "Bhinneka Express" mengalahkan perwakilan dari Jerman dan Spanyol pada momen peringatan HUT ke-78 RI. Foto/Istimewa

BANDUNG,Inews Bandungraya.Id - Studio seni multimedia animasi yang berbasis di Bandung, The Fox, The Folks, berhasil memenangkan kompetisi Festival Projection Mapping internasional bergengsi, Schlosslichtspiele Karlsruhe di Jerman.

The Fox, The Folks, berhasil meraih juara pertama dalam kompetisi ini. Sementara juara keduanya adalah Overlapping Studio x Simone Serlenga dari Jerman, dan Studio Sinoca, Silvia Isach dari Spanyol berada diposisi ketiga.

Itu menjadi prestasi membanggakan bagi putra-putri bangsa di tengah euforia perayaan HUT ke-78 Republik Indonesia yang digelar hari ini, Kamis (17/8/2023). Hal tersebut sekaligus membuktikan bahwa Indonesia bisa bersaing dengan bangsa-bangsa lainnya.

Disadur dari pemberitaan koran lokal Karlsruhe, Badische Neusete Nachrichten, disebutkan bahwa ada 75 kontestan dari seluruh dunia yang mengikuti kompetisi ini di tahun 2023. "Kontestan ada dari Amerika Selatan, Afrika, Asia, dan Eropa," kata Martin Wacker, Direktur Pelaksana Pemasaran dan Acara ZKM Karlsruhe dalam keterangan resmi yang diterima, Kamis (17/8/2023).

Festival Schlosstlichtspiele pertama kali diadakan pada tahun 2015 sebagai perayaan ke-300 tahun kota Karlsruhe, dan menjadi kompetisi projection mapping internasional. Pada tahun 2023 ini merupakan tahun kedelapan festival ini diadakan.

Karya yang mengantarkan The Fox, The Folks meraih kemenangan ini adalah animasi lighting projection mapping yang berjudul "Bhinneka Express". Creative Director The Fox, The Folks, Fadjar Kurnia mengatakan, Karya tersebut sangat terinspirasi oleh nilai-nilai luhur Indonesia.

Yakni Bhinneka Tunggal Ika yang bermakna akan kesatuan dalam keberagaman. Itu menjadi sebuah pesan yang ingin disampaikan kepada dunia melalui seni. The Fox, The Folks merupakan studio multimedia animasi asal Bandung yang terdiri dari Fadjar Kurnia, Fahry Aziz, Jessica Lovia, Nahrul Ulum dan Darina Maulana.

Dalam sebuah interview dengan Martin Wacker, Direktur Pelaksana Pemasaran dan Acara Karlsruhe ZKM Karlsruhe, penyelenggara acara, mendiang Direktur ZKM Karlsruhe, Peter Weibel berkata, "Kita bisa mendiskusikan semuanya, tapi bukan juara pertama,” saat proses kurasi peserta.

Pieter Wiebel, Direktur ZKM saat itu dan founder Schlosslichtspiele langsung terkesan dengan Bhinneka Express, yang kaya dengan warna. Pieter Wiebel meninggal pada Maret 2023, Festival Schlosslichtspiele 2023 ini juga menjadi penghormatan bagi beliau.

Keberhasilan ini disambut dengan penuh antusiasme di festival cahaya Schlosslichtspiele yang digelar di Karlsruhe, Jerman, pada tanggal 16 Agustus-17 September 2023.

Karya "Bhinneka Express" akan menjadi salah satu sorotan utama festival ini, memukau penonton dengan teknik animasi 2D dan cerita yang kaya akan makna. Kemenangan The Fox, The Folks bukan hanya suatu kebanggaan bagi Indonesia, tetapi juga bagi seluruh Asia.

Mereka adalah satu-satunya pemenang dari Asia dan Indonesia dalam kompetisi ini, membuktikan keunggulan dan bakat kreatif yang dimiliki oleh anak-anak bangsa.

Pihak The Fox, The Folks mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung dan mempercayai karya mereka. Mereka berharap bahwa keberhasilan ini akan menjadi langkah awal dalam memperkuat posisi Indonesia sebagai negara yang memiliki potensi besar dalam industri seni dan kreativitas.

Seperti diketahui The Fox, The Folks adalah sebuah studio seni multimedia animasi yang berbasis di Bandung, Indonesia.

Mereka mengkhususkan diri dalam menciptakan karya-karya animasi yang inovatif dan memberikan pengalaman visual yang luar biasa. Melalui seni, The Fox, The Folks terus berusaha untuk menginspirasi dan menghibur audiens di seluruh dunia. (*)

Editor : Rizki Maulana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut