get app
inews
Aa Read Next : Perawat RS Santosa Ditemukan Tewas Tergantung di Kontrakan Gemparkan Warga Bandung

2.023 Ketan Bakar Khas Lembang dalam Miniatur Gedung Sate Ciptakan Rekor Dunia

Sabtu, 19 Agustus 2023 | 19:27 WIB
header img
Rekor MURI tercipta untuk jumlah ketan bakar terbanyak yang ditempelkan pada miniatur Gedung Sate yang dibuat di objek wisata Dusun Bambu, KBB, berkolaborasi dengan pelaku UMKM dan Indonesian Chef Association, Sabtu (19/8/2023). Foto/Inews Bandung Raya

BANDUNG BARAT,Inews Bandungraya.Id - Sebanyak 2.023 ketan bakar yang disusun dalam miniatur bangunan Gedung Sate berhasil menciptakan rekor dunia yang tercatat di Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk jumlah ketan bakar terbanyak.

Penciptaan rekor dunia tersebut dilakukan di objek wisata Dusun Bambu yang berkolaborasi dengan pelaku UMKM dan Indonesian Chef Association (ICA) Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Sajian ketan bakar tersebut dibuat di lokasi oleh 78 orang yang terdiri dari chef profesional, praktisi kuliner, pelajar, dan para pelaku UMKM Ketan Bakar Lembang. Kreasi unik ini untuk menyemarakan HUT ke-78 RI dengan tema "The New Art of Ketan Bakar 2023".

"Kebetulan sekarang momentum HUT ke-78 RI makanya kami libatkan sebanyak 78 orang yang membuat ketan bakarnya. Sedangkan jumlah 2.023 ketan bakar mengacu kepada tahun ini," kata Ketua Indonesian Chef Association (ICA) KBB, Rukanda Koswara kepada wartawan, Sabtu (19/8/2023).

Menurutnya, sebanyak 2.023 ketan bakar itu ditempelkan pada miniatur bangunan Gedung Sate yang sudah disiapkan. Sehingga semuanya mencirikan originalitas dari Jawa Barat. Yakni ketan bakar identik sebagai makanan cemilan dari Lembang dan Gedung Sate adalah ikon dari Ibu Kota Provinsi Jawa Barat.

Awalnya ketan bakar disiapkan sebanyak 1.945 sesuai tahun kemerdekaan. Namun akhirnya disesuaikan dengan tahun saat ini, yakni sebanyak 2.023 ketan bakar. Untuk bahan yang digunakan membutuhkan, oncom sebanyak 40 kg, kacang 40 kg, serundeng 30 kg dan ketan sebanyak 2 kuintal.

"Untuk biayanya menghabiskan sekitar Rp20 juta, sementara untuk proses pembuatan ketan bakarnya bekerjasama langsung dengan UMKM ketan bakar," sebutnya.

Di tempat yang sama, Costumer Relationship Manager MURI Lutvi Syah Pradana menyebutkan, mencatatkan kegiatan hari ini sebagai rekor, yaitu miniatur Gedung Sate dengan ketan bakar terbanyak.

Setelah diverifikasi dan hitung secara manual, jumlah ketan bakar yang ditempelkan mencapai sebanyak 2.023. "MURI mengapresiasi event hari ini sebagai rekor dunia. Sebab, catatan rekor ketan bakar ini belum pernah ada dan ini adalah rekor pertama untuk ketan bakar terbanyak," ucapnya.

Menurutnya, kriteria penilaian MURI untuk suatu rekor yang sifatnya massal, yakni syarat minimalnya 1.000. Event kali ini sebenarnya ajuan pertama rekor MURI ketan bakar terbanyak adalah 1.945 pieces. Oleh karenanya, pihaknya menyetujui dan melakukan verifikasi pada event ini dan ternyata saat dihari H mencapai 2.023.

"Jadi ini masuk penilaian untuk menciptakan rekor dunia baru ketan bakar terbanyak. Ini juga kearifan lokal yang kami yakini ketan bakar hanya ada di Indonesia," tandasnya. (*)

Editor : Rizki Maulana

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut