get app
inews
Aa Read Next : Ditinggal Cuci Piring, Api dari Panggangan Ayam Bakar Hanguskan Warung Nasi Padang di Bandung

Warga Keluhkan Sesak Napas dan Mata Perih Dampak Kebakaran TPA Sarimukti

Kamis, 24 Agustus 2023 | 09:35 WIB
header img
Api melahap gunungan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sarimukti. (Foto: iNews/YUWONO WAHYU)

BANDUNG, iNewsBandungraya.id - Dampak kebakaran di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sarimukti mulai dirasakan warga Desa Sarimukti, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB). Tak sedikit dari mereka yang terserang penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) dan mata perih.

Kepala Desa Sarimukti, Uci Suwanda mengatakan, dampak dari kebakaran TPA Sarimukti yang menimbulkan kepulan asap tebal kini sudah sampai ke seluruh RW Desa Sarimukti.

"Kami telah menerima laporan sejumlah warga mengalami gangguan kesehatan. Warga yang mengeluhkan tenggorokannya sakit, sesak napas, dan mata perih, iritasi," ucap Uci, Rabu (23/8/2023).

Uci mengatakan, untuk mencegah gangguan kesehatan pihaknya mengimbau warga untuk memakai masker saat beraktivitas. Sebab, zat kimia yang terbawa asap dari kebakaran gunungan sampah TPA Sarimukti sangat berbahaya.

Sementara itu, salah seorang warga Sarimukti yang tingal tidak jauh TPA Sarimukti, Atin Supartini mengatakan, sejak kebakaran melanda, kerap merasakan sesak napas, tengorokan gatal, dan  mata pedih.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut