get app
inews
Aa Read Next : Akses Baru Menuju Masjid Al-Jabbar Bisa Coba Jalan Simpang Gedebage Selatan

Makna Logo Hari Jadi Kota Bandung ke-213, Hasil Karya Pemuda Asal Garut

Senin, 28 Agustus 2023 | 08:52 WIB
header img
Hari Jadi Kota Bandung (HJKB) ke-213. (Foto: bandung.go.id)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Tak lama lagi, Kota Bandung akan merayakan hari jadinya yang ke-213. Geliat kemeriahannya pun sudah mulai terasa.

Saat ini, logo Hari Jadi Kota Bandung (HJKB) ke-213 telah resmi diluncurkan. Logo ini memiliki representasi visual dari tema HJKB yaitu 'Bandung Unggul' yang terdiri dari empat makna filosofi yaitu bersatu, berkarya, kolaborasi, dan unggul.

Desain logo juga disesuaikan dengan kebutuhan desain kontemporer, sehingga fungsional dan dapat dengan mudah diadaptasi ke berbagai media.

Keempat makna logo ini saling berkaitan satu sama lain. Untuk mewujudkan tujuan Bandung yang unggul, diperlukan fondasi yang kuat dengan menerapkan prinsip dasar "Bersatu". 

Kemudian, perjalanan dilanjutkan melalui upaya "berkarya" serta "kolaborasi". Prinsip-prinsip ini diwujudkan dalam komposisi desain logo yang menciptakan kesan dinamis dan harmonis.

Makna bersatu divisualisasikan melalui gambar tiga buah garis berwarna biru, kuning dan hijau yang bertemu pada satu lintasan. Ini mengandung arti Kota Bandung menjadi tempat yang mampu bersatu dalam kemajemukan.

Kemudian filosofi nilai berkarya divisualisasikan melalui garis vertikal dan garis lengkung majemuk. Setiap garis membentuk angka “2”, “1”, dan “3” sebagai penanda Hari Jadi ke-213 Kota Bandung.

Setiap garis diartikan sebagai entitas yang berkarya pada bidang dan keahlian masing-masing. Lalu, makna kolaborsi digambarkan melalui dua buah garis yang bergerak beriringan membentuk angka ‘213’. 

Terakhir, Bandung Unggul divisualisasikan dengan pilar Jalan Layang Pasupati sebagai landmark Kota Bandung. Pilar yang menjulang tinggi dan membentuk angka ‘1’ menyiratkan posisi Kota Bandung yang unggul dan berjaya.

Selain itu, paduan warna logo HJKB 213 menggunakan tiga warna dasar yang diambil dari warna Lambang Daerah Kota Bandung, yaitu kuning, biru dan hijau. Kemudian dibuat dua buah value warna tua dan muda.

Pemilihan kedua value warna tersebut menyiratkan kolaborasi lintas generasi, regenerasi dan tongkat estafet untuk mewujudkan Bandung Unggul.

Logo HJKB 213 lahir dari hasil karya seorang desainer grafis muda asal Garut bernama Ari Riadi. Selain menjadi praktisi desain, ia juga aktif di dunia pendidikan vokasi. Kini Ari mengajar sebagai Instruktur Desain Grafis di Balai Pelatihan Kerja.

Ari telah menekuni bidang desain sejak bangku SMK. Ketertarikannya terhadap dunia desain membawanya untuk melanjutkan studi pada jurusan Desain Komunikasi Visual di Universitas Telkom Bandung. 

Semasa kuliah, ia juga aktif mengikuti organisasi dan berbagai kompetisi desain hingga mampu menorehkan prestasi. Pada tahun 2020, Ari melanjutkan studi pada program Magister Desain di Universitas Telkom dan memperoleh gelar Magister pada tahun 2022. 

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut