get app
inews
Aa Read Next : Baitulmaal Muamalat Salurkan Bantuan untuk Penyintas Banjir di Sumedang

Waspada PMK dan LSD, Ini Langkah Pencegahan Pemkab Sumedang

Selasa, 29 Agustus 2023 | 20:57 WIB
header img
Pemkab Sumedang kembali waspada akan penyakit LSD dan PMK. Foto: Istimewa

SUMEDANG, iNewsBandungRaya.id - Penyakit Lumpy Skin Disease (LSD) dan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) kembali diantisipasi di Sumedang. Upaya yang diambil adalah dengan mengajukan ribuan dosis vaksin keduanya ke Pemprov Jabar.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner pada Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Sumedang, Mursjid Abdullah menyebut, kasus LSD dan PMK cukup terkendali di wilayahnya. Akan tetapi, upaya antisipasi penyakit tersebut harus tetap dilakukan.

"Hingga saat ini memang tidak ada laporan ternak yang sakit akibat PMK dan LSD. Namun kemungkinan serangan masih tetap ada, karena rentang waktu masih cukup dekat atas kejadian PMK dan LSD beberapa waktu lalu," kata Mursjid, Selasa (29/8/2023).

Adapun yang diajukan ke Pemprov Jabar untuk vaksin PMK sebanyak 4.000 dosis dan untuk vaksin LSD sekitar 2000 dosis. Jika telah diterima, vaksin ini nantinya bakal didistrubusikan ke setiap UPTD untuk kemudian diaplikasikan ke ternak milik masyarakat.

Selain dengan vaksinasi untuk mencegah kembali serangan PMK dan LSD, peternak juga diharapkan menjaga kebersihan hewan dan kandang. Mengingat kandang yang kotor akan memudahkan terserang penyakit.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut