get app
inews
Aa Read Next : 3 Restoran Baru yang Menyajikan View Pemandangan di Bandung

9 Jenis Oleh-oleh yang Wajib Dibeli Saat Liburan di Yogyakarta, Jangan Sampai Kelewatan!

Senin, 11 September 2023 | 14:21 WIB
header img
Geplak khas Yogyakarta. (Foto: Shutterstock/Bangkit Widyanarto)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Yogyakarta merupakan salah satu daerah di Indonesia yang menjadi destinasi favorit wisatawan untuk menghabiskan waktu liburan.

Selain karena beragam tempat wisata yang disuguhkan, wisatawan juga selalu dibuat betah dan nyaman oleh suasana hingga keramahan orang-orang Jogja.

Jika kamu sedang atau akan liburan ke Yogyakarta, jangan lewatkan untuk membeli oleh-oleh atau buah tangan yang nantinya bisa kamu berikan kepada saudara, teman, atau kolega kantor.

Selain gudeg dan bakpia, ada berbagai macam oleh oleh khas Yogjakarta yang engga boleh kamu lewatkan. Apa saja?

Berikut ini 9 jenis oleh-oleh khas Yogyakarta yang wajib kamu beli, dirangkum dari berbagai sumber.

1. Mamahke Jogja

Oleh-oleh satu ini selalu menjadi tren di kalangan para turis maupun penduduk lokal. Mamahke Jogja adalah oleh-oleh khas Yogyakarta berbentuk kue yang memiliki aneka rasa unik dan diakui memiliki cita rasa khas Jogja.

2. Bakpia

Kalian pasti sudah pernah mencicipi nikmatnya bakpia setidaknya sekali seumur hidup. Cemilan yang satu ini sangat identik dengan kota Yogyakarta. Semua pusat oleh-oleh khas Jogja pasti menjual kuliner satu ini, jadi kamu engga akan kesulitan buat mencarinya.

3. Yangko

Oleh-oleh Yogyakarta yang tidak boleh terlewatkan adalah Yangko. Oleh-oleh khas Jogja ini terbuat dari tepung ketan dengan isi kacang cincang dengan cita rasa manis dan kenyal.

4. Geplak

Tidak sekadar namanya yang unik, oleh-oleh khas Yogyakarta Geplak kini tersebar di Nusantara dan karena kelezatannya membuat permintaan melonjak.

5. Gudeg Kering

Makanan khas Jogja yang terkenal akan rasa manis gurih di lidah, Gudeg kini bisa dijadikan oleh-oleh khas Jogja untuk diberikan pada sanak saudara dalam bentuk kering.

6. Kain Batik Jogja

Batik adalah salah satu identitas kebudayaan bangsa yang dikenal oleh masyarakat seluruh dunia. Batik Jogja merupakan salah satunya. Corak lukisan unik dari batik Jogja wajib masuk ke dalam wishlist oleh-oleh Jogja.

7. Dagadu

Merk Dagadu juga sangat erat kaitannya dengan Jogja. Berbagai pernak-pernik seperti gelas, tas, gantungan kunci, dan kaos yang dicetak dengan kalimat-kalimat unik dan lucu menjadi oleh-oleh khas Yogyakarta favorit turis.

8. Gerabah Kasongan

Desa Kasongan yang terletak di wilayah provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta terkenal akan kerajinan gerabah berbahan dasar rotan. Gerabah kasongan bisa kamu pesan secara online, namun jika membeli langsung di Desa Kasongan, kamu akan mendapatkan harga yang lebih murah.

9. Cokelat Monggo

Tahukah kamu bahwa Yogyakarta punya merk cokelat terkenal? Cokelat Monggo bisa kamu temukan di berbagai supermarket dan retail di kota-kota besar di Indonesia, namun kamu bisa membeli cokelat Monggo langsung dari pabriknya sembari berkeliling di Jogja.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut