get app
inews
Aa Read Next : Jelang HUT ke-79 RI, Sekda Herman Suryatman Terima Bendera Pusaka dari BPIP

Termasuk Bambang Tirtoyuliono, Ini Profil Pj Wali Kota dan Bupati di Bandung Raya

Jum'at, 15 September 2023 | 14:41 WIB
header img
Profil Pj Wali Kota dan Bupati di Bandung Raya.. (Foto: Ilustrasi/Okezone)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah menyerahkan surat kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat terkait nama-nama Pejabat (Pj) Wali Kota dan Bupati di Jabar.

Ada enam nama yang telah diserahkan Kemendagri kepada Pemprov Jabar. Tiga nama di antaranya merupakan penjabat yang akan memimpin di wilayah Bandung Raya.

Mereka adalah Bambang Tirtoyuliono yang akan menjabat selaku Pj Wali Kota Bandung. Lalu, Arsan Latif yang akan menjabat selaku Pj Bupati Bandung Barat.

Kemudian, ada Herman Suryatman yang akan menjadi Pj Bupati Sumedang. Rencananya, mereka akan dilantik pada Rabu (20/9/2023) mendatang.

"Jadi enam pejabat yang akan dilantik pada tanggal 20 September," ucap Pj Gubernur Jabar, Bey Machmudin saat ditemui di Kodam III/Siliwangi, Kamis (14/9/2023).

Lantas, bagaimana profil dari ketiga penjabat yang akan memimpin wilayah Bandung Raya ini? Berikut ulasan berikut ini yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (15/9/2023).

- Bambang Tirtoyuliono

Nama Bambang Tirtoyuliono sudah tidak asing lagi di lingkungan Pemprov Jabar. Saat ini, ia menjabat sebagai Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR) Jabar.

Selama menjabat di DBMPR tahun 2023, Bambang Tirtoyuliono terbilang cukup banyak meraih penghargaan. Di antaranya Penghargaan Satya Lencana, Karya Satya 20 tahun dari Presiden Jokowi atas pengabdiannya selama dua dekade sebagai pegawai negeri sipil.

Sebelum menjabat Kepala DBMPR, Bambang Tirtoyuliono pernah menjadi Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jabar pada 2018-2020.

Bambang Tirtoyuliono juga pernah mengisi kekosongan kepala daerah. Hal itu terjadi pada tahun 2022, saat Bupati Indramayu yang dijabat Taufik Hidayat dalam rangka Pilbup Indramayu 2020.

Terkini, Bambang Tirtoyuliono ditunjuk menjadi Pj Wali Kota Bandung. Setelah dilantik, ia bakal meneruskan jabatan periode 21 September 2023 hingga Februari 2025 mendatang.

- Arsan Latif

Arsan Latif merupakan Direktur Perencanaan Anggaran Daerah, Direktorat Jenderal (Ditjen) Keuangan Daerah, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Pria berusaia 54 tahun itu merupakan putra Sidrap, Sulawesi Selatan kelahiran 31 Maret 1969. Arsan Latif memiliki tiga anak.

Arsan Latif meniti karier dari bawah. Jabatan pertama yang diembannya adalah lurah di Kabupaten Sidrap. Kemudian kariernya meningkat menjadi Sekretaris Camat di Sidrap.

Kemudian Arsan dipercaya menjabat Kasubdit Barang Milik Daerah, Ditjen Keuangan Daerah Kemendagri. Kariernya semakin cemerlang hingga dipromosikan menduduki jabatan sebagai Kasubdit Pajak Daerah dan Restribusi Daerah, Ditjen Keuangan Daerah Kemendagri.

Kemudian, Direktur Pendapatan Daerah, Ditjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri. Diketahui, nama Arsan Latif diluar dari tiga nama yang diusulkan DPRD Bandung Barat ke Kemendagri sebagai penjabat Bupati Bandung Barat.

Tiga nama yang diusulkan menjadi Pj Bupati Bandung Barat itu antara lain, Sekretaris Daerah (Sekda) Bandung Barat Ade Zakir Hasim, Kepala Dinas Sosial Jabar Dodo Suherman, dan Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar Wahyu Mijaya.

Kini, Arsan Latif didapuk menjadi Pj Bupati Bandung Barat menggantikan Hengky Kurniawan.

- Herman Suryatman

Saat ini, Herman Suryatman menjabat sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang sejak 2019. Pria lahir pada 11 November 1970 ini memulai karirnya dengan menjadi Lurah Cipameungpeuk 1995-1997.

Kemudian, Herman Suryatman menjadi Kepala sub seksi pemerintahan bappppeda kabupaten Sumedang 14 Juni 2005-2006. Lalu, Herman Suryatman menjadi Kepala Bidang Pemerintahan dan Sosial pada Bapppppeda 2006-2007.

Pada 1 Februari 2OO7, Herman Suryatman ditunjuk menjadi Camat Jatinunggal hingga tahun 2009. Dirinya juga pernah menjabat Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah pada 2010 – 2011.

Setelah itu, Herman Suryatman ditunjuk menjadi Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik pada Sekretariat Daerah 28 Juli 2O11-2012. Dia juga pernah menjadi Kepala Dinas Pendidikan pada 2012-2013.

Selanjutnya, Herman Suryatman pernah menjadi Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga pada tahun 2013. Di penghujung 2013, dirinya ditunjuk menjadi Kepala Biro Humas dan Hukum Sekretariat Jenderal Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara hingga 2017.

Setelah itu, Herman Suryatman menjadi Sekretaris Deputi SDM Aparatur Kementrian PANRB tahun 2017-2018. Dan saat ini, dirinya menjabat sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut