get app
inews
Aa Read Next : Bebas Kendaraan Setiap Akhir Pekan, Ini Dia Tiga Spot Tempat Wisata di Braga

7 Rekomendasi Wisata Alam di Garut, Tempat Terbaik untuk Healing

Senin, 18 September 2023 | 13:03 WIB
header img
Talaga Bodas. (Foto: pergidulu)

GARUT, iNewsBandungRaya.id - Selain Bandung, tempat wisata alam di Garut juga menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan untuk menghabiskan waktu libur mereka.

Saat liburan di Garut, banyak alternatif wisata alam yang dipilih oleh para wisatawan. Tempat wisata alam di Garut ini memiliki keunikannya masing-masing.

Oleh karena itu, wisatawan disarankan untuk mengunjungi satu persatu tempat wisata alam di Garut ini.

Berikut ini 7 rekomendasi wisata alam di Garut yang wajib dikunjungi, dirangkum dari berbagai sumber.

1. Cagar Alam Leuweung Sancang

Berada di kawasan seluas 2.913 hektar, Cagar Alam Leuweung Sancang merupakan kawasan konservasi yang terdiri dari kawasan pantai, dataran rendah, dan juga hutan bakau.

Selain memiliki panorama alami yang eksotis, tempat wisata di Garut ini juga merupakan rumah bagi berbagai flora dan fauna langka seperti Owa Jawa, tanaman Kaboa serta Meranti Merah.

Menjelajahi kawasan wisata Garut ini, pengunjung bisa menikmati keindahan beragam ekosistem nan asri mulai dari pantai, sungai, hingga air terjun dan hutan dataran rendah.

2. Gunung Papandayan

Salah satu tempat wisata alam di Garut paling favorit adalah Gunung Papandayan. Gunung berapi yang memiliki ketinggian mencapai 2.665 meter ini merupakan salah satu lokasi pendakian yang banyak diburu para pendaki gunung baik dari dalam maupun luar negeri.

Di kawasan Gunung Papandayan, pengunjung bisa mengeksplorasi berbagai tempat wisata Garut lainnya seperti kawah Papandayan, Bukit Teletubies, hingga Hutan Mati Papandayan yang sangat instagramable.

Jika pengunjung tidak gemar mendaki atau tengah berkunjung ke destinasi wisata Garut satu ini bersama keluarga, kalian bisa mengunjungi Papandayan Leisure Park sebagai alternatif wisata lainnya yang lebih santai namun tak kalah menarik.

3. Talaga Bodas

Telaga Bodas merupakan sebuah kawah yang masih aktif. Panorama dari Telaga Bodas yang sangat eksotis dengan perbukitan dan pepohonan nan asri di sekitarnya bisa membuat pengunjung betah untuk berlama-lama menghabiskan waktu.

Belum lagi permukaan air telaga yang keputihan membuat Telaga Bodas menjadi tempat wisata alam di Garut yang cukup indah.

4. Kawah Kamojang

Selain Telaga Bodas, ada pula Kawah Kamojang yang berada di ketinggian sekitar 1.730 mdpl dengan panorama tak kalah menarik dibandingkankan wisata alam di Garut lainnya.

Kini, kawah ini masih dimanfaatkan sebagai PLTP (Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi). Karena lokasinya yang berada di dataran tinggi, udara di tempat ini cukup dingin.

Namun uap hangat yang dihasilkan dari telaga ini akan membantu mengusir rasa dingin dan mampu menyegarkanmu.

5. Situ Bagendit

Berada di lokasi yang terlalu jauh untuk diakses, Situ Bagendit bisa menjadi pilihan tempat wisata di Garut selanjutnya untuk dikunjungi.

Tak cuma pemandangan sekitarnya yang indah, pengunjung juga bisa menyusuri keindahan dari Situ Bagending menggunakan rakit tradisional ataupun bebek air.

6. Lembah Karacak

Tempat wisata alam di Garut yang populer selanjutnya adalah Karacak Valley. Kawasan asri ini terdiri dari hutan pinus dan juga perkebunan kopi dengan luas mencapai 92 hektar.

Salah satu tujuan wisata favorit di tempat ini adalah sebuah air terjun yang dikenal dengan nama Curug Ngebul serta Puncak Dogar di mana pengunjung bisa menikmati keindahan bentang alam Garut dan juga Gunung Cikuray yang mempesona dari ketinggian.

7. Leuwi Jurig

Leuwi Jurig dalam bahasa Indonesia memiliki makna “Kolam Setan”, merupakan sebuah tempat wisata di Garut yang justru tidak terlihat menyeramkan sama sekali.

Pemandangan permukaan air yang biru berbingkai tebing bebatuan yang eksotis membuat Leuwi Jurig menjadi salah satu destinasi wisata dengan panorama terindah di Garut.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut