get app
inews
Aa Read Next : Ernest Prakasa Konfirmasi Film Agak Laen 2, Siapkan Karakter dan Cerita Baru

Diikuti Universitas dari 8 Negara, BISFF 2023 Tampilkan 153 Film Pendek hingga Eksperimental

Rabu, 20 September 2023 | 17:17 WIB
header img
Diikuti Universitas dari 8 Negara, BISFF 2023 Tampilkan 153 Film Pendek hingga Eksperimental. (Foto: Ist)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Saat ini, film menjadi salah satu subsektor ekonomi kreatif yang terus berkembang di Indonesia. Hal ini ditunjukkan dengan semakin banyaknya film yang diproduksi di Indonesia dalam 10 tahun terakhir.

Fenomena ini juga ditunjukkan dengan munculnya program studi atau minat belajar di perguruan tinggi yang memajukan ilmu perfilman di Indonesia, salah satunya adalah Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Terhitung sejak tahun pertamanya di tahun 2019, UPI mendirikan Program Studi Film dan Televisi (FTV). Hingga tahun 2023, FTV telah memiliki lebih dari 400 mahasiswa aktif dan meluluskan angkatan pertamanya di tahun 2023 sebanyak 50 mahasiswa.

Festival yang pertama kali diselenggarakan pada tahun 2020 ini bertransformasi menjadi ajang internasional. Hal ini merupakan hasil jerih payah yang dilakukan civitas akademik di Program Studi Film dan Televisi FPSD UPI selama beberapa tahun.

Pandemi Covid-19 yang sempat melanda negeri tercinta tidak mematahkan semangat untuk terus berkolaborasi. Sehingga dalam 3 tahun terakhir, Prodi Film dan Televisi FPSD UPI telah berhasil menjalin kerjasama dalam bentuk yang nyata dengan beberapa institusi, baik di dalam dan di luar negeri.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut