get app
inews
Aa Read Next : 5 Makanan yang Bikin Kenyang Lebih Lama Selama Puasa

Kuliner Malam di Bandung. Nomor 4 Sudah Sangat Terkenal

Sabtu, 22 Januari 2022 | 20:32 WIB
header img
Salah satu kuliner malam di Kota Bandung, Sate DJ

BANDUNG memang surganya para pecinta kuliner. Setiap pengunjung kota ini tidak akan pernah kehabisan ragam kuliner untuk dijelajahi di malam hari. Berikut beberapa tempat kuliner malam di Bandung yang wajib disinggahi :

1. Warung nasi Ceu Mar
Warung nasi kaki lima Ceu Mar yang buka mulai pukul 16.00-04.00, selalu dipenuhi pengunjung setiap harinya. Puncak ramainya pengunjung di sini pada tengah malam. Disajikan ala parasmanan dengan menu banyak pilihan, sangat nikmat cita rasanya. Mulai dari telur, ongseng usus, semur jengkol, gorengan tahu, tempe semua tersedia di sini. 
Menu istimewanya adalah gulai sapi. Aneka minuman teh, es jeruk dan lainnya juga ada. Warung pinggir Jl. Braga No. 69 ini  harga per porsinya bervariasi tergantung lauk yang dipilih.

2. Sate DJ
Terletak di kawasan Jalan Jenderal Sudirman, Sate DJ agak berbeda dari jenis sate pada umumnya.  Dengan pilihan jenis daging kambing, sapi dan ayam, harga per porsinya tergolong normal yaitu belasan ribu saja untuk 10 tusuk. Yang bikin beda, satenya tampak polos tanpa bumbu lalu dibakar sambil dioles tipis-tipis dengan sambal. Aroma wangi dagingnya keluar dan terasa original saat dibakar. Varian sambal olesnya bisa dipilih mau yang pedas sekali atau yang sedang, mau yang asin atau pedas asin. Jadi walaupun terlihat polos, cita rasa gurih dan pedasnya lumer di mulut. 

Bagi pengunjung yang berprinsip kalau makan sate harus selalu dengan bumbu kacang, bisa juga minta disajikan, dan untuk pelengkapnya disini hanya menyediakan nasi, tidak ada lontong. Tersedia juga menu soto bahkan bisa pesan kuahnya saja.

3. Sate Anggrek (Sate H. Ahmad Nawawi)
Terletak di Jl. Anggrek, Cihapit tidak jauh dari kawasan Riau Bandung, warung sate yang satu ini menyajikan pilihan menu sate kambing, sapi, ayam dan telur muda. Tersedia juga soto ayam, soto kambing, nasi, lontong dan aneka minuman.

Tempat ini populer dengan pembakaran sate nya yang khas karena berukuran sangat panjang. Setiap harinya bisa terjual sampai 6ribu tusuk sate atau setara dengan 90kg daging. Bahkan saat weekend bisa mencapai 8ribu-10ribu tusuk sate.

4. Perkedel Bondon
Perkedel legendaris ini hanya ada di Jalan Kebun Jati Nomor 42, dekat dengan Stasiun Hall Bandung. Sebenarnya, warung yang menjual Perkedel Bondon buka selama 24 jam. Akan tetapi, khusus untuk perkedelnya, baru diolah mulai pukul 11 malam. Kuliner ini legendaris sejak tahun 80-an. Mulanya, istilah Bondon populer di kalangan anak muda Bandung yang pada masa itu pulang berkegiatan larut malam.

Perkedel bondon disajikan dengan sambal terasi sedikit pedas yang khas. Keunikan rasa yang dimiliki perkedel ini muncul karena digoreng dengan masih menggunakan tungku (hawu) berbahan bakar arang.  Jadi, walaupun bahan baku kentangnya sama dengan perkedel pada umumnya, makanan yang garing di luar dan lembut di dalam ini terasa sangat istimewa bagi siapa pun yang mencicipinya.

5. Kobe Teppanyaki
Di kawasan Jalan Cibadak Bandung ada Kobe Teppanyaki, kedai yang menyediakan aneka makanan khas Jepang dan Cina seperti yakiniku, sukiyaki, sushi, dan teriyaki. Menu favorit disini adalah steamboat dengan isi komplit dan porsi melimpah yang cukup untuk 4 orang.

Harga menu disini pun cukup terjangkau mulai 20ribu rupiah saja. Setiap malam tempat ini selalu dipadati pengunjung bahkan sering ada yang tidak kebagian kursi. 

Demikian 6 dari sekian banyak tempat kuliner yang wajib dikunjungi saat berada di kota Bandung. Selain itu ada beberapa kawasan street food yang selau ramai dengan pedagang berbagai jenis makanan setiap malamnya. Mulai dari minuman hangat, cemilan sampai makanan berat. Aneka seafood, ronde jahe, kue pukis, roti bakar, baso, dll. Sebut saja kawasan Sudirman Street Food, Alun-alun Kota Bandung, kawasan Punclut sampai Lembang. (*)

Editor : Ude D Gunadi

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut