get app
inews
Aa Read Next : Groundbreaking TPPAS Legok Nangka Molor, DPRD Jabar Khawatir Terjadi Penumpukan Sampah

Belasan Ribu Ton Sampah Masih Numpuk di Kota Bandung, Publik Menanti Solusi Pj

Jum'at, 22 September 2023 | 20:22 WIB
header img
TPA Sarimukti belum normal angkut sampah dari wilayah Bandung Raya. Foto: Instagram/@westjavagov_

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Kehadiran Penjabat (Pj) Wali Kota Bandung membuat publik berharap lebih terkait penanganan sampah. Mengingat sampah masih tersebar di Kota Bandung dan jumlahnya mencapai belasan ribu.

Berdasarkan data yang dihimpun, total volume sampah yang tertumpuk di Tempat Penampungan Sementara (TPS) hingga 24 September 2023 diprediksi mencapai 4.532 ritase. Jumlah tersebut setara dengan 54.384 m3 atau 19.034 ton.

Menurut Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Bandung, Eric Mohamad Atthauriq, jumlah itu akan terus bertambah setiap harinya. Secara kasar angkanya bertambah 1.300 ton per hari.

"Bila tidak ada perubahan operasional TPA Sarimukti dan mulai diberlakukan pembatasan dari jumlah ritase maupun jenis sampah yang hanya residu, maka penyelesaian tumpukan sampah di Kota Bandung bisa kembali normal diperkirakan sampai bulan Mei 2024," ujar Eric, Jumat (22/9/2023).

Eric menjelaskan, kondisi penumpukan sampah sampai Kamis, 21 September 2023 yaitu yang sudah normal sebanyak 59 TPS. Lalu TPS sedang ditangani sebanyak 25 TPS dan TPS yang masih overload sebanyak 70 TPS. 

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut