get app
inews
Aa Read Next : Media Massa Diminta Sajikan Informasi Akurat dan Valid demi Pilkada Serentak 2024 Sukses

Dua Pria Berujung Tragis Usai Sebar Hoaks UAS Ditangkap Polisi Gegera Soal Rempang

Kamis, 28 September 2023 | 17:32 WIB
header img
Pria yang menyebarkan hoaks soal Ustaz Abdul Somad (UAS) ditangkap polisi. Foto: Istimewa

JAKARTA, iNewsBandungRaya.id - Nasib dua pria yang menyebarkan hoaks dan ujaran kebencian terkait konflik Rempang tragis. Keduanya menyebarkan hoaks dengan membawa-bawa nama Ustaz Abdul Somad (UAS).

Mereka menyebarkan hoaks itu di media sosial (medsos). Lalu menyebut UAS diamankan aparat berkenaan dapur umum aksi demonstrasi menolak relokasi.

Akibatnya polisi meringkus dua pria yang diketahui berasal dari Batam. Masing-masing dari mereka adalah Bambang Mardianto dan Iswandi

"Keduanya warga Batam, Kepri yang bekerja sebagai karyawan swasta. Mereka disangkakan melakukan ujaran kebencian dan berita bohong di medsos," kata Dirreskrimsus Polda Kepulauan Riau (Kepri), Kombes Nasriadi, Kamis (28/9/2023).

Nasriadi menjelaskan, kedua tersangka ditangkap polisi di kediamannya masing-masing. Satu di Baloi Blok II, Lubuk Baja serta satunya lagi di Perum Jupiter Residen, Sekupang.

Para tersangka menyebarkan ujaran kebencian lewat platform Facebook dan TikTok. Narasinya UAS ditangkap polisi usai menyediakan konsumsi untuk demo tolak relokasi di BP Batam.

"Jadi awalnya petugas melakukan patroli cyber dan mendapati postingan berita bohong atau hoaks yang mengarah pada ujaran kebencian. Kemudian serangkaian proses penyelidikan dilakukan dan mengamankan pemilik handphone dan akun tersebut dilakukan pendalaman dan gelar perkara," jelas Nasriadi.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut