get app
inews
Aa Read Next : Jangan Coba-Coba! 5 Tips Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Ingin Diet dan Kontrol Gula Darah, Coba Rutin Minum Air ini

Kamis, 28 September 2023 | 18:34 WIB
header img
Alternatif menurunkan berat badan alias diet.. (Foto: Ilustrasi/net)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Berat badan berlebih memang kerap dikeluhkan banyak orang. Tidak sedikit dari mereka yang ingin menurunkan berat badannya dengan cara diet.

Begitu juga gula darah. Penderita diabetes pasti selalu ingin mengontrolnya.

Oleh karenanya, mereka semua bisa coba rutin minum air jahe. Salah satu herbal ini memiliki banyak manfaat, sebab di dalamnya mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan.

Berikut 5 manfaat minum air jahe yang dirangkum dari laman Medical News Today, Kamis (28/9/2023):

1. Turunkan Kadar Kolesterol

Satu penelitian pada tikus menunjukan bahwa jahe bisa menurunkan kadar kolesterol. Tikus itu mengonsumsi makanan tinggi kolesterol, yang meningkatkan kolesterol total, trigliserida serta lipoprotein densitas rendah.

Para peneliti lalu menemukan bahwa pemberian suplemen yang mengandung jahe pada tikus juga bisa mencegah kolesterol tinggi dalam aliran darah.

2. Kontrol Gula Darah

Air jahe bisa membantu mengontrol kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Dalam satu studi selama 12 minggu, peneliti membagi 41 orang dengan diabetes tipe 2 menjadi dua kelompok.

Kelompok pertama mengonsumsi 2 gram suplemen bubuk jahe setiap hari, sementara kelompok kedua mendapat obat plasebo. Orang yang mengonsumsi jahe mengalami penurunan gula darah puasa yang signifikan.

3. Turunkan Berat Badan

Dalam penelitian lain, peneliti membagi 10 pria menjadi dua kelompok. Satu kelompok meminum air jahe panas usai sarapan. Kelompok lain tidak.

Pria yang meminum air jahe melaporkan perasaan kenyang yang lebih besar. Meskipun penelitian ini kecil dan diperlukan penelitian tambahan, hal tersebut menunjukkan bahwa air jahe berperan dalam penurunan berat badan.

4. Meredakan Nyeri

Air jahe bisa membantu mengurangi beberapa jenis nyeri. Dalam sebuah penelitian yang melibatkan 60 orang dewasa yang menderita nyeri migrain, peneliti menemukan menggunakan jahe sebagai terapi tambahan lebih baik daripada konsumsi obat.

5. Mual

Dalam penelitian pada 2015, para peneliti mengamati sembilan penelitian di mana orang menggunakan jahe untuk mengatasi mual pasca operasi, efek samping kemoterapi, mual karena virus, dan mual di pagi hari.

Penelitian itu, walaupun tidak selalu meyakinkan secara klinis, semuanya menunjukkan bahwa jahe bisa mengurangi mual dan muntah.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut