get app
inews
Aa Read Next : Gandeng Graha Wisata Hotel School, Foodiz Academy Gelar Sekolah Bisnis Kuliner

Top! Korea Jadi Target Market Luar Negeri Baru Produk Kota Bandung

Jum'at, 29 September 2023 | 19:30 WIB
header img
Produk Kota Bandung bakal terbang ke Korea. (Foto ilustrasi: net)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Produk Kota Bandung kualitasnya sudah terbukti di dunia. Bahkan dalam waktu dekat akan ada produk Kota Bandung yang masuk ke pasar Korea Selatan.

Hal itu bisa dilakukan kala Dekranasda Kota Bandung bakal menjalin kerja sama internasional dengan Korea Selatan. Produk terpilih nantinya akan ditempatkan di sejumlah museum Korsel.

"Begitu banyak paparan dan capaian yang luar biasa sudah diraih Dekranasda Kota Bandung. Kota Bandung memiliki daya tarik bagi orang yang berkunjung ke sini. Bahkan, mendapatkan julukan Paris van Java," ungkap Pj Ketua Dekranasda Kota Bandung, Linda Bambang Tirtoyuliono usai serah terima jabatan di Galeri Patrakomala, Jumat (29/9/2023).

Menurut Linda, Kota Bandung harus fokus dengan keunggulan komparatif supaya bisa unggul di pasar internasional. Salah satunya dengan menganalisis SWOT (strength, weakness, opportunity, threat).

"Setelah mengetahui analisis SWOT, kita juga perlu mengetahui keunggulan produk lain. Sehingga kita bisa bersaing dengan mereka," ujar Linda.

Linda menambahkan, para pelaku UMKM dan Dekranasda Kota Bandung dapat mengambil celah impor dalam agenda virtual business matching dengan Korea Selatan. Bila produk Kota Bandung mampu memenuhi kebutuhan Korsel, maka Kota Bandung bisa menjadi eksportir yang berkelanjutan.

"Di Korea itu punya empat musim. Usahakan di setiap musimnya itu ada produk kita, sehingga mereka terus membutuhkan produk-produk dari Kota Bandung. Dengan begitu kita bisa menjadi eksportir yang berkelanjutan," ucap Linda.

Dikatakan dia, kesempatan ini harus dikejar untuk semakin menggeliatkan perekonomian Kota Bandung. Terlebih saat pandemi Covid-19 melanda, tak satu pun kegiatan perekonomian yang bisa bertahan. Pandemi menyerang semua sendi-sendi kehidupan. 

"Di sini peran pemerintah melalui Dekranasda Kota Bandung mendukung para pelaku UMKM untuk bangkit kembali. Akhirnya seperti yang saya dengar, Bandung betul-betul menjadi menarik sebagai lumbung dan role model kota-kota lain," tandas Linda.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut