get app
inews
Aa Read Next : Ketua Pemuda Muhammadiyah Jabar Nyalon Pilwalkot 2024, Gagas 'Nyaah ka Bandung'

Jika Hujan Sudah Turun, Apakah Boleh Tetap Laksanakan Salat Istisqa?

Rabu, 11 Oktober 2023 | 09:12 WIB
header img
ASN Kota Bandung gelar Salat Istisqa. (Foto: bandung.go.id)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Ditengah dampak kekeringan akibat musim kemarau panjang dan fenomena El Nino, hujan akhirnya turun mengguyur sejumlah wilayah di Indonesia.

Salah satunya seperti yang terjadi di Kota Bandung pada Selasa (10/10/2023). Di Bandung, hujan turun sekitar pukul 15.30 WIB.

Turunnya hujan ini pun dipercaya karena ikhtiar masyarakat dengan melaksanakan Salat Istisqa yakni ibadah sunnah yang dilakukan untuk meminta kepada Allah SWT agar diturunkan hujan.

Namun kemudian timbul pertanyaan, jika hujan telah turun, namun ada sekelompok masyarakat yang sudah berniat akan menggelar Salat Istisqa, apakah tetap dilakukan atau tidak.

Menjawab persoalan ini, Wakil Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid Muhammadiyah DKI Jakarta, Nur Fajri Romadhon menjelaskan, mengutip pandangan Al-Imam An-Nawawi, yang mewakili mazhab Syafii, jika masyarakat telah bersiap-siap untuk Salat Istisqa dan kemudian Allah memberikan hujan sebelum tanggal yang dijanjikan untuk pelaksanaan salat, maka mereka tetap harus berkumpul untuk mendengarkan ceramah, berdoa, dan bersyukur kepada Allah.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut